Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizMenlu Klaim Harga Migor RI Lebih Rendah dari Rata-rata Negara ASEAN

Menlu Klaim Harga Migor RI Lebih Rendah dari Rata-rata Negara ASEAN

JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mengklaim harga minyak goreng di Indonesia masih tergolong lebih rendah jika dibanding dengan harga rata-rata negara di kawasan ASEAN.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh perwakilan Indonesia di sekitar 79 negara, harga minyak goreng di Indonesia berada di kisaran 1,62 Dolar AS per liter. Angka tersebut membawa Indonesia menempati urutan ke 8 terendah dari harga rata-rata di 58 negara, yakni 2,63 Dolar AS per liter dan menjadi harga terendah dari rata-rata ASEAN sebesar 1,93 Dolar AS per liter.

“Kalau ditilik dari harga komoditas seperti bensin, minyak goreng, beras dan gula. Maka harga di Indonesia masih termasuk rendah atau menengah,”kata Menlu dalam keterangan pers virtual, Rabu(22/6).

Kemudian untuk harga bensin di Indonesia kini berada di kisaran 0,84 Dolar AS per liter. Angka tersebut pun membawa Indonesia menduduki peringkat ke-12 terendah Jika dilihat dari rata-rata harga bensin di 79 negara sebesar 1,41 Dolar AS per liter.

“Harga ini juga lebih rendah dari rata-rata harga bensin di ASEAN yaitu 1,25 Dolar AS/liter,”tuturnya.

Selanjutnya untuk harga beras di Indonesia, saat ini berada di harga 0,74 Dolar AS per kilogram dan menjadi urutan ke-14 terendah dari rata-rata harga di 79 negara, yakni sebesar 1,75 Dolar AS per kilogram. Sementara di ASEAN sendiri rata-rata harga beras sebesar 0,93 Dolar AS per kilogram.

“Gula di Indonesia 0,99 USD/kg lebih rendah dari rata-rata di 79 negara yang diteliti 1,28 USD/kg,”ujar Menlu.

Dia mengatakan data yang disampaikannya tersebut menunjukkan bahwa semua negara terdampak dengan kenaikan harga komoditas dunia. Di mana pada saat negara-negara tengah upaya memulihkan ekonomi, terjadi perang di Ukraina dan Rusia.

“Meskipun perang di Ukraina namun dampaknya dirasakan di seluruh dunia. Kita semua paham posisi Ukraina dan Rusia dalam rantai pasok pangan dan energi global,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.