JAKARTA, HOLOPIS.COM Suzuki All New Ertiga Hybrid sudah diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk pasar otomotif di Indonesia.

Mobil hybrid Suzuki ini dibekali dengan dua buah baterai yang berfungsi pada sistem Smart Hybrid-nya serta kelistrikan di mobil.

Baterai pertama yakni baterai konvensional (lead-acid) berdaya 55 Ah 12 Volt dan baterai kedua adalah Lithium-ion battery berdaya 6 Ah 12 Volt.

Untuk baterai Lithium-ion, Suzuki memberikan garansi hingga 100.000 kilometer atau 5 tahun tergantung mana yang tercapai dahulu.

Jika mengalami masalah dengan baterai Lithium-ion akan diganti gratis dengan catatan, bukan karena kelalaian pengguna seperti modifikasi pada sistem kelistrikan dan sebagainya yang memicu kerusakan.

Lalu, bagaimana jika baterai bermasalah setelah masa garansi habis?. Menurut Christiana Yuantie, Spare Parts Dept. Head PT. SIS, bisa diganti tentunya dengan mengeluarkan biaya.

Harga Lithium-ion battery All New Ertiga Hybrid ini hanya dilabel Rp 15 juta, sedangkan jenis lead acid pada All New Ertiga Hybrid dibanderol Rp 3,6 juta.

Sementara itu menurut Asst. to Service Dept. Head PT. SIS, Hariadi, pemilik All New Ertiga Hybrid tidak perlu pusing dengan perawatannya karena sama dengan mobil konvensional.

“Untuk perawatan All New Ertiha Hybrid ini sama seperti mobil konvensional kok,” kata Hariadi.