Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

200 Ribu Warga China Dievakuasi Akibat Banjir

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah wilayah Guangdong China mengatakan, sebanyak 200.000 warga telah dievakuasi akibat banjir yang disebabkan hujan deras. Kerusakan yang terjadi akibat bencana itu telah menyebabkan kerugian sebesar 1.7 miliar yuan (sekitar 3.7 triliun rupiah).

“Warga yang dievakuasi termasuk dari 480.000 irang yang terkena dampak hujan dan banjir,” demikian dikatakan pemerintahan Guangdong, melansir AFP, Selasa (21/6).

Hujan paling deras yang terjadi selama beberapa dekade telah menyebabkan banjir dan longsor di bagian selatan China.

Hujan deras telah membahayakan saluran air di dataran rendah lembah Sungai Pearl dalam beberapa hari terakhir, mengancam operasi manufaktur, pengiriman hingga logistik pada saat rantai pasokan sudah tertekan karena kontrol ketat COVID-19 di China.

Sementara itu, di wilayah tetangga Guanxi, air lumpur terlihat membanjiri beberapa area dan para penyemalat terlihat sedang mengevakuasi warga dengan kapal karet.

Ini merupakan banjir terparah di Guangxi sejak tahun 2005. Otoritas meteorologi mengatakan, sungai Guangxi telah melampaui tingkat peringatan, dengan hujan yang masih berlanjut hingga hari Selasa (21/6).

Di awal bulan ini, setidaknya 21 orang tewas akibat banjir yang disebabkan hujan deras di provinsi Hubei, China.

Tak hanya itu, banjir parah di pusat provinsi Henan, China telah membunuh 398 orang dan menyebabkan kerugian ekonomi sebesar 10 miliar dollar (sekitar 148 triliun).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru