JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menuju ulang tahunnya yang ke-40 tahun di minggu ini, Pangeran William telah menandai tonggak penting bagi perannya sebagai Raja Inggris di masa depan.

Melansir AFP, Senin (20/6), putra sulung Pangeran Charles ini telah menunjukkan otoritasnya pada keluarga kerajaan dengan merencanakan jembatan antara tradisi dan modernitas.

“Ini adalah batu loncatan penting untuk beliau, dengan ayahnya Pangeran Charles, ia telah melangkah untuk mendukung Ratu Elizabeth II dan tetap membentuk identitas sendiri sebagai calon Raja,” demikian dikatakan komentator kerajaan Richard Fitzwilliam.

Menurut jajak pendapat YouGov, Pangeran William, adalah bangsawan paling populer Setelah Ratu Elizabeth II, dengan peringkat persetujuan 66 persen, diikuti oleh istrinya, Kate Midlleton pada angka 60 persen.

Istri Pangeran William, Kate Middleton Duchess of Cambridge yang merayakan ulang tahunnya Januari lalu juga disukai oleh publik yang memandang mereka sebagai model keluarga monarki masa depan.

Sangking populernya, bahkan banyak publik yang ingin William melangkahi ayahnya untuk menduduki tahta kerajaan Inggris.

Padahal, sesuai dengan peraturan, tahta dari Ratu Elizabeth II harus diturunkan terlebih dahulu ke anak sulungnya Pangeran Charles, baru kemudian dilanjutkan oleh Pangeran Willam.

“Mereka (William dan Kate) adalah masa depan monarki, itulah yang menggarisbawahi penampilan mereka di balkon saat akhir Jubilee,” kata Fitzwilliam.