Senin, 30 September 2024
Senin, 30 September 2024
NewsEkobizBapanas Pastikan Harga Daging Sapi di Kisaran Rp55 Ribu Per Kilogram

Bapanas Pastikan Harga Daging Sapi di Kisaran Rp55 Ribu Per Kilogram

JAKARTA, HOLOPIS.COM Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI memastikan harga daging sapi di sentra produksi milik Holding BUMN Pangan menjelang Hari Raya Idul Adha 2022 berada di kisaran Rp55.000 per kilogram.

Kepala Bapanas RI, Arief Prasetyo Adi mengatakan, bahwa harga daging sapi di pasaran saat ini sudah berada di atas Rp50.000 per kilogram.

“Rata-rata harga sapi sekarang memang sudah di atas Rp 50.000, jadi kemarin di lebaran tuh Rp52.0000, Rp 53.000. ini juga sama karena ada BUMN di sini, ini hasil dari fattening (penggemukan), sehingga beratnya cukup. Untuk harga di kisaran Rp55.000 per kilogram,” ungkap Arief kepada wartawan, Minggu (19/6).

Ia memastikan, harga daging sapi pada hari raya Idul Adha tahun ini akan cederung lebih stabil dibanding dengan prakiraan pengamat.

“Kalau kita lihat kemarin jelang Lebaran ada beberapa pengamat mengatakan harga sapi akan jadi Rp 200.000 itu tidak akan terjadi, Alhamdulillah. Jadi harga sapi di Jakarta, Bandung Raya dan sekitarnya itu kalau kita lihat kemarin masih di bawah 160.000,” kata dia.

Senada dengan Arief, Direktur Utama PT Berdikari, Harry Warganegara menyebut bahwa harga daging sapi di rumah potong hewan (RPH) mencapai Rp56.000 per kilogram.

Ia mengatakan, jumlah ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan lalu yang menyentuh harga cukup tinggi, yakni Rp59.000 per kilogram.

“Kemarin bulan lalu cukup tinggi Rp59.000 sekarang sudah cukupi sehingga menjadi Rp56.000 per kilo di RPH. Itu di pasar harga maksimal Rp120.000 per kilo,” kata Harry.

Per hari ini, ada 450 ekor sapi hidup yang didatangkan dari Parepare, Sulawesi Selatan ke Central Produksi Holding BUMN Pangan. jumlah sapi ini akan terus bertambah.

Haryy mencatat, pihaknya selaku anggota Holding BUMN Pangan memiliki stok hewan ternak mencapai 1.464 ekor sapi yang tersebar di wilayah Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pemerintah Kaji Penerapan Pita Cukai Digital

Pemerintah melalui Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah mengkaji terkait rencana penerapan pita cukai digital sebagai pengganti pita cukai konvensional.

Harga Beras RI Disebut Paling Mahal se-ASEAN, Bapanas Minta Masyarakat Tak Terprovokasi

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi meminta masyarakat tidak terprovokasi soal harga beras Indonesia yang disebut menjadi paling mahal dibandingkan dengan negara-negara di kawasan ASEAN.

Bapanas Anggap Isu Harga Beras Paling Mahal Se-ASEAN Cuma Jebakan

Harga beras di Indonesia disebut paling mahal di ASEAN. Pasalnya, perbedaan harga beras di Indonesia dengan negara ASEAN lainnya mencapai 20 persen.

Duh! Ini Deretan Saham Emiten Big Caps yang Banyak Dilego Asing

Sejumlah saham emiten big caps terpantau dilego oleh investor asing selama sepekan terakhir perdagangan, di mana saat itu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami koreksi tipis.