Minggu, 29 September 2024
Minggu, 29 September 2024
NewsEkobizNilai BUMN Era Erick Tak Sehat, Ucok Tuntut Keterbukaan Annual Report

Nilai BUMN Era Erick Tak Sehat, Ucok Tuntut Keterbukaan Annual Report

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mengingatkan bahwa kesalahan besar perusahaan-perusahaan plat merah saat ini adalah transparansi keuangan dan aset.

Pasalnya, ia menyebut bahwa para perusahaan yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak update soal annual report. Bahkan ia sampai membandingkan era SBY dan Jokowi yang memiliki disparitas soal transparansi ini.

“Sampai saat ini soal transparansi annual report ternyata tidak seperti waktu pemerintahan sebelumnya seperti (era) SBY. Era SBY annual report bagus sekali,” kata Uchok dalam diskusi Kinerja bertemakan BUMN : Antara Prestasi dan Wanprestasi, yang digelar di June’s Resto and Bar Hotel Bintang Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (19/6).

Dijelaskan oleh Uchok, dari annual report tersebut, publik bisa melihat apakah perusahaan tersebut sedang ada masalah atau tidak.

“Annual report ini memang harus disampaikan ke publik, salah satu tujuannya adalah agar sahamnya bisa dibeli,” jelasnya.

Kemudian, mantan koordinator Advokasi & Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) menyampaikan, bahwa PLN saja, annual report mereka publikasi terakhir 2020.

“Gimana kita mau bantu awasi dan bisa tahu berapa utangnya. Kemudian Garuda Indonesia juga 2020. Telkom tahun 2021 masih lumayan. Pertamina 2021, dari laporan keuangan ini bisa kita lihat BUMN sedang kacau sekali, banyak utang dan sebagainya,” tandasnya.

Terakhir, ia juga menilai bahwa menteri BUMN saat ini cenderung memiliki masalah saat menampakkan hasratnya untuk maju dalam bursa Pilpres 2024 mendatang. Salah satunya kata Uchok, Erick Thohir sering memanfaatkan BUMN untuk ajang kampanye terselubung.

“Menteri BUMN ini jadikan BUMN seperti ormas atau partai bagi menteri, karena BUMN dijadikan ajang kampanye dia, seperti nongol di mesin ATM dan SPBU. Bahkan soal kencing di POM Bensin saja sekarang kita masih tetap bayar kan,” ketusnya.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Berkah MotoGP 2024 Mandalika, 2.500 Warga Lokal Dapat Kerjaan

Ajang Balap MotoGP 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) nampaknya membawa kesan tersendiri bagi warga lokal.

Makin Ramai, Dampak Ekonomi MotoGP 2024 Mandalika Ditaksir Capai Rp 4,5 Triliun

Nilai perputaran uang sebagai dampak perekonomian adanya ajang balap MotoGP 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit diperkirakan mencapai Rp 4,5 triliun.

Bansos Beras Jokowi Bakal Berlanjut di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Juru Bicara Presiden terpilih Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras 10 kilogram (kg) bakal berlanjut di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Sepekan, Modal Asing Rp9,73 Triliun Kabur dari RI

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran aliran modal asing keluar bersih dari pasar keuangan domestik selama sepekan terakhir ini mencapai angka Rp9,73 triliun. Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono.