Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizCukai Plastik dan Minuman Berpemanis Gagal Diterapkan? Begini Kata DJBC

Cukai Plastik dan Minuman Berpemanis Gagal Diterapkan? Begini Kata DJBC

JAKARTA, HOLOPIS.COMRencana penerapan cukai pada produk plastik dan minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) hingga kini belum menemui titik terang.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan, bahwa rencana tersebut tidak akan diterapkan pada tahun ini.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna DJBC, Nirwala Dwi Heryanto mengatakan, bahwa pihaknya masih akan melakukan pengkajian terkait penerapan cukai atas kedua jenis barang tersebut.

“Nggak jadi tahun ini. Tahun depan masih dikaji,” kata Nirwala dalam keterangan tertulis yang dikutip, Sabtu (18/6).

Nirwala menegaskan, pihaknya perlu melakukan kajian lebih lanjut untuk memastikan apakah produk plastik dan MBDK tersebut memenuhi syarat dan kriteria sebagai barang yang dapat dikenakan cukai.

Adapun kriteria yang dimaksud menurutnya ada empat. Pertama, konsumsinya perlu untuk dikendalikan. Kemudian yang kedua, peredarannya perlu diawasi.

Lalu untuk ketiga, konsumsinya dapat menimbulkan dampak negatif baik kesehatan maupun lingkungan. Terakhir, yakni yang keempat, kriteria harus mencerminkan keseimbangan dan keadilan.

“Ini lagi dikaji, benar atau tidak barang-barang itu menimbulkan dari salah satu dari empat kriteria tersebut. Kenapa plastik kena, kenapa MBDK kena. Prosesnya harus diberitahukan kepada Komisi XI untuk selanjutnya dibahas di Banggar,” jelasnya.

Adapun untuk jenis plastik yang akan dikenai cukai, dirinya belum bisa menjelaskan. Sementara untuk klasifikasi MBDK akan mempertimbangkan kajian dengan menggunakan international best practice.

“Kami mesti mempertimbangkan dalam kajian itu kan bicara masalah international best practice. Tidak ngarang-ngarang kan. Misalnya di negara tetangga seperti apa (penerapannya),” jelas Nirmala.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.