Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tak Lagi Bebas Masuk, Ukraina Akan Berlakukan Visa untuk Warga Rusia

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengumumkan bahwa Kiev akan segera memberlakukan penggunaan visa kepada warga Rusia sejak 1 Juli, empat bulan setelah invasi Moskow berlangsung.

“Ukraina akan memperkenalkan rezim visa untuk warga Rusia,” kata Zelensky melalui akun Telegramnya, Sabtu (18/6).

Zelenskyy mengatakan, penggunaan visa akan dimulai pada tanggal 1 Juli mendatang.

Perubahan ini dilakukan setelah warga Rusia tidak membutuhkan visa untuk mengunjungi Ukraina sejak tahun merdeka di tahun 1991.

“Dikarenakan perang yang dilakukan Federasi Rusia, kami butuh untuk mengontrol masuknya warga Rusia ke teritori kami. Keamanan adalah yang terpenting,” kata Kepala Staf Zelenskyy, Andriy Yermak.

Negara yang berbagi perbatasan ini memiliki banyak jaringan keluarga. Di tahun 2014, warga Rusia yang berkunjung ke Ukraina mengalami penurunan di tahun 2014 karena pencaplokan semenanjung Krimea 2014 oleh Moskow.

Di tahun 2013, sebanyak 10.8 juta warga Rusia mengunjungi Ukraina, namun setahun kemudian angka tersebut mengalami penurunan sebesar 2.5 juta.

Di tahun 2015 dan 2019, angka jatuh menjadi 1.5 juta pengunjung. Kemudian akibat Covid-19 di 2020 dan 2021, warga Rusia yang mengunjungi Ukraina tidak melebihi 500,000 orang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.

PBB : Israel Langgar Perjanjian Global Tentang Hak Anak

Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuding Israel telah melakukan pelanggaran yang berat, yaitu melanggar perjanjian global tentang melindungi hak anak-anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru