BerandaOtoteknoTeknoSurvei CISSReC : Skor Keamanan Siber BI Hanya 68

Survei CISSReC : Skor Keamanan Siber BI Hanya 68

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Dalam survei yang dilakukan Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC (Communication & Information System Security Research Center), terungkap masalah keamanan informasi yang menyangkut pada kekuatan siber dari beberapa perbankan di Indonesia yang cukup baik dan beberapa lainnya masuk kategori sedang hingga kurang.

Adapun skor yang dipakai sebagai acuan adalah 1 sampai 100. Hasilnya, posisi tertinggi adalah BTPN dengan skor 92. BTPN memiliki skor 100 hampir di banyak aspek penunjang a.l. IP reputation, patching cadence, endpoint security hingga hacker chatter.

Kemudian, ada CommBank yang merupakan aplikasi perbankan resmi dari Commonwealth Bank memiliki sistem keamanan yang cukup kuat yakni 91. Posisi selanjutnya adalah Maybank dengan skor 80. Selanjutnya, BTN serta BNI yang mendapatkan skor 64. Lebih lanjut, bank pelat merah Bank Mandiri memiliki skor keamanan di angka 54.

Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC Pratama Persadha menjelaskan lemahnya skor keamanan Bank Mandiri dilihat dari beberapa faktor, yaitu endpoint security yang dimiliki perseroan hanya di angka 33.

Penerbit Iklan Google Adsense

Sedangkan untuk application security juga masih lemah, yakni di angka 44, serta network security sebesar 48. Pratama melanjutkan Bank Muamalat juga memiliki keamanan informasi yang rendah, yaitu di skor 47.

Tak hanya pada perbankan, Bank Indonesia (BI) juga memiliki skor keamanan sebesar 68. Jika menilik di awal 2022, Pratama menyampaikan BI sempat menjadi korban peretasan dengan perkiraan kebocoran data mencapai 3,8 terabyte.

“Untuk perbandingan, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang kemarin diretas itu poinnya adalah 82. Jadi kalau poinnya di bawah 82 itu saya yakin pasti hackable, itu gampang sekali untuk diretas,” kata Pratama (14/6).

Pratama mengungkapkan bahwa perbankan dan bank sentral secara default menjadi sasaran teratas para peretas.

Menurut data survei yang dikumpulkan pada 2021 oleh CSI, responden dari sektor perbankan dan keuangan menyatakan bahwa hampir 80 persen merupakan manipulasi psikologis sebagai ancaman terbesar pada 2021.

Adapun, daftar ancaman teratas adalah phishing yang ditargetkan ke nasabah. “Perkembangan kejahatan siber yang meningkat juga membawa ancaman ke berbagai sektor, mulai dari perbankan, pemerintahan, sampai manufaktur. Perbankan selalu akan dilihat pertama, karena ini adalah industri yang berjalan berdasarkan kepercayaan dan keamanan,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Viral Password Pusat Data Nasional Pakai Admin#1234

Di X atau sebelumnya Twitter, ramai bahasan mengenai awal mula jebolnya Pusat Data Nasional yang dikelola oleh Kominfo ini. Diduga awal mula celah ini muncul adalah karena kelalaian, atau mungkin keterlibatan orang yang dekat dengan akses ke server Pusat Data Nasional.

APJII Sambut Positif Starlink Jadi Bagian Penyedua ISP di Indonesia

Sekjen APJII Zulfadly Syam, menilai bahwa hadirnya Starlink dari SpaceX dipandang sebagai bagian dari peramai bisnis layanan jaringan internet di Indonesia.

Perlunya Pendekatan Holistik dalam Membangun Sistem Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa persoalan keamanan data memang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnia yang bersentuhan dengan digitalisasi.

Waspada Keamanan Data di Era Digital

Data pribadi merupakan informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu secara spesifik, seperti nama, alamat, nomor telepon, data finansial, dan informasi pribadi lainnya. Dalam konteks digital, data ini sering kali disimpan dan diproses secara elektronik.

Roy Suryo Yakin Peretasan Pusat Data Nasional Akibat Orang Dalam

Pemerhati Telematika, Multimedia, AI & OCB Independen Roy Suryo meyakini betul bahwa ujung tombak dari masalah peretasan dan serangan ransomware oleh brain cipher adalah akibat orang dalam.

Event Promo Diamond Bakal Datang Kembali, Catat Tanggalnya!

Kabar gembira untuk para penggemar game Mobile Legends (ML), kini event promo diamond akan segera hadir pada 5 Juli 2024 mendatang di original server.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS