JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan akan mempercepat proses vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, agar tidak meluas ke berbagai daerah di Indonesia.

Mentan menargetkan, proses vaksinasi 800 ribu dosis vaksin yang tiba di Indonesia hari ini, akan selesai sebelum hari raya Idul Adha atau hari raya kurban, yang kemungkinan jatuh pada 9 Juli 2022 mendatang.

“Kita berharap sebelum idul kurban 800 ribu ini kita bisa sepenuhnya ter-delivery dan bisa kita lakukan di lapangan,” kata syahrul saat sambutan usai menerima kedatangan vaksin PMK di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Jumat (17/6).

Syahrul berharap, satuan tugas (satgas) penanganan wabah PMK, baik di tingkat kabupaten hingga nasional dapat bekerja secara optimal. Sehingga, vaksinasi pada hewan ternak ini dapat selesai tepat waktu.

“Saya berharap gugus tugas yang berada di kabupaten, provinsi, secara nasional ini tentu saja akan bekerja secara bersama termasuk mempersiapkan penyuntikan dengan berbagai,” ujarnya.

Lebih lanjut, Syahrul mengatakan, bahwa proses pendistribusian 800 ribu vaksin PMK yang didatangkan secara impor itu akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

Adapun vaksin-vaksin tersebut akan distribusikan ke daerah-daerah zona hijau. Sehingga, sapi yang belum terkena PMK, tidak menjadi tertular.

Sebab menurutnya, hewan ternak yang berhasil sembuh usai terkena PMK memiliki risiko penularannya cenderung lebih kecil. Hal itu virus PMK yang pernah menjangkit hewan ternak akan membentuk antibodi yang lebih kuat.

“Besok penyebaran ke daerah-daerah yang sudah petakan, ingat bahwa membawa vaksin ini tidak membawa keranjang biasa, harus memerlukan perlakukan khusus, sampai dengan hadir di suatu tempat,” pungkasnya.