JAKARTA, HOLOPIS.COMRusia mengatakan bahwa komunikasi dengan Amerika Serikat tetap penting meskipun di tengah ketegangan yang masih terjadi antara Washington dan Kremlin.

“Komunikasi adalah hal yang penting, di masa depan, kita tetap harus berkomunikasi,” demikian dikatakan Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov melansir Reuters, Kamis (15/6).

Pezskov mengatakan, Amerika Serikat dan Eropa tidak pergi ke mana-mana sehingga Rusia masih harus berkomunikasi.

Hubungan antara Rusia dan Barat telah berada di titik terendah sejak akhir Perang Dingin, bahkan sebelum Moskow mengirimkan ribuan pasukan di Ukraina.

Sementara itu Rusia mengatakan bahwa mereka tidak berniat melukai warga sipil dan menyebut serangan sebagai operasi militer spesial.

Namun Ukraina dan negara sekutu mengatakan invasi Rusia telah membuat banyak korban berjatuhan dan jutaan warga harus meninggalkan rumah mereka.

Meski mengatakan komunikasi tetap penting, Peskov mengatakan bahwa situasi saat ini telah menyebabkan kedua pihak kemungkinan tidak bisa kembali lagi ke situasi ‘spirit of Geneva’ atau ‘semangat Jenewa’.

Semangat Jenewa adalah KTT antara Biden dan Putin di tahun 2021 tentang harapan akan détente terbatas atau pengurangan ketegangan hubungan dalam situasi politik.