Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Protes Nabi Muhammad, Pemerintah India Gusur Rumah Warga Muslim

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah bagian Uttar Pradesh, India, menggusur beberapa rumah milik warga Muslim yang dituduh terlibat bentrok memprotes penghinaan Nabi Muhammad pada pekan lalu. Kepala menteri Uttar Pradesh, Yogi Adityanath, memerintahkan pejabat untuk menggusur tempat tinggal ilegal dan rumah milik orang-orang yang dituduh terlibat dalam kerusuhan itu.

Rumah milik orang yang diduga otak dari bentrok tersebut dihancurkan di bawah pengawasan polisi pada Minggu (12/6).

Properti milik dua orang yang dituduh melemparkan batu setelah salat Jumat juga turut dihancurkan.

Mrityunjay Kumar, penasihat media Adityanath, bahkan sempat merilis foto sebuah buldoser yang sedang menghancurkan bangunan.

“Ingatlah elemen-elemen yang tidak dapat diatur, setelah Jumat adalah Sabtu,” tulis Kumar dalam unggahan di Twitter.

Akan tetapi pihak oposisi Adityanath menilai pemerintah berupaya menekan protestan dengan cara yang tak sesuai konstitusi.

Sementara itu, Perdana Menteri India Narendra Modi masih belum memberikan komentar terkait kerusuhan itu.

Kerusuhan pekan lalu muncul setelah dua tokoh politik dari partai berkuasa, Bharatiya Janata (BJP), melontarkan pernyataan yang menghina Nabi Muhammad.

Setelah itu, bentrok antara umat Muslim dan Hindu pecah di beberapa wilayah India. Di Uttar Pradesh sendiri, polisi menangkap lebih dari 300 orang yang terlibat dalam kerusuhan itu.

Pihak BJP kemudian menskors juru bicaranya, Nupur Sharma, dan mengeluarkan tokoh politik partai, Naveen Kumar Jindal, imbas komentar keduanya yang menghina Nabi Muhammad.

Tak hanya berujung bentrok beberapa negara mayoritas Muslim turut mengecam pernyataan kedua tokoh politik tersebut, salah satunya Indonesia.

Kelompok Muslim juga mendesak kedua tokoh itu dipenjara. Namun, kelompok Hindu garis keras menilai mereka sebagai pemberani dan politikus nasionalis.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru