Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizInflasi Global Hantui Indonesia, Ini Imbasnya

Inflasi Global Hantui Indonesia, Ini Imbasnya

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan perkembangan ekonomi global semakin kompleks. Itu karena inflasi yang tinggi mengakibatkan daya beli masyarakat menjadi tertekan.

Hal ini sudah mulai berdampak terhadap beberapa sektor di Indonesia.

“Baru-baru ini ada penyesuaian tarif listrik misalnya untuk golongan 3000 Va karena biaya fosil terutama minyak dan batu bara ya terus mengalami kenaikan. Sehingga mau tidak mau harus ada penyesuaian tarif listrik untuk golongan tertentu. Itu imbas yang secara langsung dirasakan,” kata Bhima, Senin (13/6).

Brim memberikan contoh lain seperti minyak goreng.

Dia mengatakan sampai saat ini masalah minyak goreng belum terselesaikan, penyebabnya karena harga minyak goreng di level internasional dan minyak sawit di level internasional masih cukup mahal.

“Ada kondisi dimana spillover effect itu sudah mulai dirasakan. Tetapi sampai saat ini memang Indonesia belum mengalami inflasi setinggi negara-negara seperti Amerika Serikat atau negara-negara di Eropa,” ungkapnya.

Menurutnya, efeknya belum terasa karena biasanya ada jeda.

Jeda itu terjadi karena pengiriman bahan baku yang membutuhkan waktu berkisar tiga sampai lima bulan.

“Gandum mengalami kenaikan signifikan lebih dari 50% setahun terakhir di pasar internasional. Tapi tidak langsung berdampak terhadap harga mie instan atau harga bahan turunan gandum, tepung terigu di dalam negeri karena pengirimannya butuh waktu tiga sampai lima bulan. Jadi ada jeda pengiriman ini mungkin efeknya baru akan dirasakan inflasi pada semester ke 2,” jelasnya.

Dia menambahkan harga beberapa kebutuhan dasar seperti BBM untuk jenis Pertalite, solar dan tarif listrik untuk golongan rumah tangga menengah ke bawah itu masih di tahan oleh pemerintah. Ini yang menjadi faktor inflasi kita masih berkisar di angka 5,5%.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.