Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizHarga Pangan Melonjak, Pemerintah Mau Apa?

Harga Pangan Melonjak, Pemerintah Mau Apa?

JAKARTA, HOLOPIS.COM Kenaikan harga dialami sejumlah komoditas pangan di DKI Jakarta sejak hari raya Lebaran 2022 kemarin. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) berencana untuk mendistribusikan pasokan pangan, khususnya cabai rawit merah dan bawang merah mulai pekan ini.

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi menyampaikan bahwa pihaknya akan memfasilitasi pendistribusian kedua komoditas itu dari wilayah surplus ke wilayah defisit.

“Badan Pangan akan fasilitasi distribusi logistik untuk suplai pasokan cabai dari petani atau Gapoktan asal Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ke pasar induk di Jakarta dan sekitarnya, antara lain Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Induk Tanah Tinggi, Pasar Induk Cibitung,” ujar Arief (12/6).

Dalam kesempatan yang sama, Arief mengatakan bahwa sumber cabai rawit merah yang harganya paling terjangkau saat ini berada di Sulawesi Selatan, dengan harga di tingkat petani kisaran Rp 50.000 – 55.000 per Kilogram (Kg).

Melihat hal itu, lanjutnya, suplai cabai rawit merah akan diambil dari daerah tersebut untuk disalurkan ke daerah-daerah yang mengalami defisit cabai rawit merah, termasuk Jakarta.

Arief juga mengatakan, pihaknya menargetkan sekitar 100 ton cabai atau 5 – 10 ton/hari akan dikirim ke Jakarta, dengan estimasi pengiriman pekan ini sudah mulai dilakukan.

“Harga cabai rawit merah ditingkat konsumen atau eceran bisa diintervensi menjadi kisaran Rp 60 ribu – 65 ribu/kg, jauh dibawah harga rata-rata Jakarta saat ini yang mencapai Rp 100 ribu – 120 ribu/kg,” tambahnya.

Tidak hanya cabai, Arief mengatakan bahwa pihaknya juga akan memfasilitasi distribusi bawang merah dari petani asal Kabupaten Bima dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dimana harga beli di tingkat petaninya mulai dari Rp 30ribu – 36 ribu/Kg.

“Bawang merah akan dilakukan suplai pasokan ke Jabodetabek sekitar 500 ton atau 40 ton per hari,” kata Arief.

Jadi, kata Arief, bawang merah diharapkan akan stabil di eceran Jakarta kisaran Rp 40 ribu – 45 ribu/Kg, yang sebelumnya di kisaran 55 ribu/Kg.

Sekadar informasi, dalam pelaksanaan distribusi komoditas pangan ini, Bapanas akan melakukan koordinasi sejumlah kementerian dan lembaga terkait hingga para pelaku usaha.

Selain itu, kolaborasi BUMN Pangan ID FOOD dan BULOG juga akan turut serta dalam pelaksaanaan distribusi komoditas pangan guna menjamin ketersediaan pasokan sebagai upaya stabilisasi harga pangan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.