Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dibanding Omicron dan Delta, Menkes : Kasus Varian BA.4 dan BA.5 Lebih Rendah

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan puncak kasus yang diakibatkan dari munculnya subvarian baru, BA.4 dan BA.5 lebih rendah daripada varian sebelumnya, Omicron dan Delta. Menurutnya, jumlah kasusnya hingga hospitalisasi (rawat inap di rumah sakit) hanya 1/3 atau sepertiga, dari kasus Delta dan Omicron.

“Puncaknya 1/3 dari kasus Delta dan Omicron,” ujar Menkes Budi, dalam gelaran konferensi pers update PPKM, Senin (13/6).

Lebih lanjut, ia menyinggung kenaikan kasus yang saat ini terjadi, memang akibat varian baru BA.4 dan BA.5. Sehingga, kenaikan angka kasus positif tidak hanya dialami seorang diri oleh Indonesi, tetapi juga dialami oleh beberapa negara lainnya.

“Beberapa negara di dunia mengalami kenaikan kasus, dan konsisten karena varian baru BA.4 dan BA.5. Pertama kali teridentifikasi di Afrika,” imbuhnya.

Meskipun mengalami kenaikan kasus, Menkes Budi menyebut, jika tingkat keparahan hingga kematian lebih rendah, dibandingkan varian sebelumnya Delta maupun Omicron.

“Jadi walaupun memang menyebabkan kenaikan kasus di beberapa negara, tetapi puncak kasus, puncak hospitalisasi (rawat inap) dan kematiannya lebih rendah dibandingkan Omicron sebelumnya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru