Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Subvarian BA.4 dan BA.5 Masuk RI, PPKM Lanjut?

JAKARTA, HOLOPIS.COM Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohammad Syahril mengimbau masyarakat agar tidak panik dengan masuknya subvarian BA.4 dan BA.5 yang merupakan mutasi dari varian Omicron.

Syahril menjelaskan, bahwa tingkat gejala dari subvarian tersebut lebih ringan bahkan tidak bergejala, meskipun tingkat penularannya lebih tinggi dari Omicron.

“Dengan ditemukannya sub varian ini, memang lebih cepat dari Omicron, tapi tidak lebih berat, jadi nggak perlu panik, gejala ringan dan kita bisa isolasi mandiri,” tutur Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril dalam konferensi pers, Jumat (10/6).

Adapun terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 akan tetap berjalan selama satu bulan ke depan. Sebab, menurut Syahril, PPKM tetap menjadi strategi Pemerintah mengendalikan Covid-19 di Tanah Air.

Di samping itu, ia juga mengatakan, bahwa pemerintah kemungkinan masih akan terus memperpanjang kebijakan PPKM. Perpanjangan ini akan terus dilakukan pemerintah hingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan situasi pandemi Covid-19 di dunia dalam kondisi terkendali.

“PPKM ini kan strategi upaya pemerintah kita bersama mengendalikan covid, bagi yang nggak pahami PPKM menjadi pembatasan, tapi kalau lihat di ppkm level 1 semua sudah 100 persen,” katanya.

“Kita pertahankan ppkm level 1, ini kita pertahankan selama 1 bulan, apakah akan diperpanjang?, sampai dianggap stabil dan memenuhi standar WHO,” jelas Syahril.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru