Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Menhan AS : China Sudah Semakin Agresif

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Hubungan kedua negara Amerika Serikat dan China semakin tegang dalam beberapa bulan belakangan ini.

Melansir dari Reuters, Sabtu (11/6), beberapa hal yang membuat dua negara ekonomi terbesar ini beragam dari permasalahan Taiwan, sejarah hak asasi manusia China, serta atkivitas di Laut China Selatan.

“Amerika Serikat akan mengambil peran dalam menangani ketegangan dengan China dan menghindari konflik, meskipun saat ini Beijing telah semakin agresif di wilayah Asia, termasuk dekat Taiwan,” demikian dikatakan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin.

Setelah terjadi pertamuan antara Menhan AS Lloys Austin dan Menhan China Wei Fenghe, keduanya menegaskan bahwa mereka ingin megnelola hubungan yang lebih baik, meskipun belum ada tanda-tanda signifikan dalam menyelesaikan perbedaan.

Mengenai dialog Shangri-La, Austin mengatakan bahwa Amerika Serikat akan tetap berpihak pada sekutu mereka, termasuk Thailand.

“Ini sangat penting, terlebih lagi China sudah semakin koersif dan agresif dalam cara mereka mengklaim wilayah,” kata Austin.

Sebagai informasi, China mengklaim bahwa Taiwan adalah bagian dari negara mereka, dan bersumpah akan mengambil alih secara paksa jika diperlukan.

Sementara itu, Taiwan telah memberikan komplain selama menahun terkait China yang kerap kali memasuki wilayah udara mereka.

Taiwan berterima kasih kepada Amerika Serikat atas dukungan mereka dan mengatakan bahwa China tak masuk akal telah mengklaim kemerdekaan Taiwan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru