Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ratusan Ternak Mati, Gerindra Minta Pemerintah Tetapkan PMK Jadi Pandemi

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Ketua Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyarankan agar pemerintah segera menetapkan penyakit mulut dan kuku (PMK) sebagai pandemi. Menurutnya, langkah ini perlu ditempuh agar penanganan PMK yang telah merugikan para peternak dapat dilakukan secara serius. Dan juga Karena wabah ini, Ratusan Hewan ternak banyak yang mati.

“Wabah PMK yang meluas ini seharusnya dinyatakan sebagai pandemi, agar ada keseriusan dalam penanganan PMK,” ucap Muzani, Rabu (8/6).

Dia melanjutkan, pemerintah juga harus membentuk satuan tugas (satgas) penanganan PMK dan memberi bantuan bagi masyarakat yang mengalami kerugian akibat PMK.

Muzani memandang penanganan PMK harus segera dilakukan mengingat tak lama lagi masyarakat akan merayakan Iduladha.

Ia meminta pemerintah memastikan bahwa seluruh hewan kurban di Iduladha nanti sehat dan bebas PMK.

“Sapi-sapi yang teridentifikasi PMK harus dipastikan tidak dijadikan sebagai hewan kurban,” katanya.

Muzani juga meminta pemerintah mengganti kerugian para peternak yang sapi-sapinya terjangkit PMK. Selain itu, menurutnya, harus ada pengobatan masif agar sapi-sapi aman dari PMK, termasuk penyemprotan kandang secara massal.

Muzani mengatakan pemerintah bisa menempuh kebijakan realokasi anggaran bila anggaran penanganan PMK akan menjadi kendala setelah ditetapkan menjadi pandemi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru