JAKARTA, HOLOPIS.COM Alex Rins alami patah tulang akibat insiden saat balapan di MotoGP Catalunya 2022. Kecelakaan yang terjadi di tikungan pertama itu, melibatkan 3 pembalap sekaligus, yakni Alex Rins, Francesco Bagnaia dan Takaaki Nakagami.

Peristiwa itu berawal saat pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami yang terjatuh dan mengenai dua pembalap didepannya. Sehingga, Francesco Bagnaia dan Alex Rins terlempar keluar lintasan.

Alex Rins dan Nakagami harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

“Motornya menyentuh saya dan saya terbang sangat buruk. Saya pikir pergelangan tangan kiri saya patah, karena saya tidak bisa menggerakkannya dengan baik,” kata Alex Rins, dilansir dari The Race, Rabu (8/6).

Dari hasil pemeriksaan MRI yang dilakukan di Rumah Sakit Dexeus Barcelona, hasilnya tidak ditemukan adanya kerusakan ligamen yang parah.

Alex Rins diperkirakan telah fit untuk balapan pada grand prix berikutnya di Sachsenring Jerman dua minggu mendatang.

Dr Xavier Mir, ahli bedah reguler MotoGP mengatakan, Alex Rins akan menjalani 10 hari perawatan kemudian diperiksa lagi menjelang balapan Sachsenring.

“Alex Rins mengalami trauma pada pergelangan tangan kirinya, kami melakukan pemeriksaan klinik, radiologi, CT dan MRI yang mengkonfirmasi: fraktur tubuh tulang piramidal karpus kiri, dengan edema tulang perifraktur yang signifikan,” kata Dr Xavier Mir.

“Kami percaya itu harus dirawat dengan imobilisasi kaku dan terapi elektromagnetik selama 10 hari, dan melakukan pemeriksaan lain setelah jangka waktu ini,” lanjutnya.

Sementara rincian hasil pemeriksaan untuk Nakagami masih ditunggu, namun tim LCR-nya mengatakan bahwa dia telah lolos dari cedera kepala dan kerusakan tulang selangka, dan hanya fokus pada nyeri bahu kanan.

Dalam posting media sosial setelah perawatan awal di rumah sakit, Alex Rins mengatakan dia berharap semoga Nakagami “baik-baik saja” dan “kejadian hari ini seharusnya mengubah sesuatu dalam olahraga kita segera”.