JAKARTA, HOLOPIS.COM Smartphone lipat Samsung bagi sebagian orang harganya cukup mahal, tapi tenang ada rumor bahwa kedepannya akan dirilis smartphone lipat yang harganya lebih ekonomis.

Pabrikan Korea Selatan itu, dikabarkan sedang mempersiapkan Samsung Galaxy Z Fold Lite yang harganya setara dengan  Galaxy A Series.

Tentunya dengan harga yang lebih murah, pastinya ada beberapa fitur yang dikurangi. Namun, masih ada beberapa fitur dari seri tertinggi yang digunakan.

Secara desain, Samsung Galaxy Z Fold Lite mirip Galaxy Z Fold 3. Sistem pelipatannya, mengadopsi engsel dengan lipatan ke dalam dan mengusung dua layar utama dan juga bagian luar.

Ukuran layarnya hanya 7 inci, lebih kecil dibandingkan Galaxy Z Fold 3 yang memiliki layar 7,6 inci.

Samsung akan menggunakan panel fleksibel yang lebih murah dari panel Ultra Thin Glass, sehingga harga jualnya masih bisa ditekan.

Di luar, layarnya pun lebih kecil dengan ukuran hanya 4 inci. Berbanding cukup jauh ketimbang Galaxy Z Fold3 yang memiliki layar 6,2 inci di bagian luar.

Sayangnya, belum ada informasi rinci jenis layar yang digunakan ponsel ini, termasuk lapisan kaca pelindung fleksibel untuk mencegah layar dari goresan halus yang berbahaya.

Samsung membuat ponsel lipat murahnya dengan build quality tangguh. Engsel dan bodinya terbuat dari aluminium, sementara penampang belakang dibangun menggunakan material kaca.

Berbicara tentang dapur pacunya, Samsung Galaxy Z Fold Lite ditenagai oleh prosesor Snapdragon 865 dengan memori penyimpanan 256 GB. RAM-nya 8 GB ke atas, yang bisa jadi dapat ditambah secara virtual dengan fitur RAM Expansion.

Masih jadi misteri kapan Samsung Galaxy Z Fold Lite akan diluncurkan resmi, begitupun dengan harga ritel ketika dipasarkan nanti.

Dikutip dari phoneArena, Selasa (7/6), bocoran menyebut kalau harganya mulai dari USD900 atau Rp 12,9 jutaan. Harga ini lebih murah ketimbang Galaxy Z Flip3 yang jadi smartphone lipat termurah dari Samsung.