Minggu, 29 September 2024
Minggu, 29 September 2024
NewsEkobizLuhut Ungkap Kenapa Harga Minyak Goreng di Jakarta Mahal

Luhut Ungkap Kenapa Harga Minyak Goreng di Jakarta Mahal

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan adanya temuan aktivitas mencurigakan dari distribusi minyak goreng di Jakarta.

Pasalnya, di wilayah Banten harga untuk minyak goreng curah sudah mendekati Harga Eceran Tertinggi (HET).

Sedangkan, Harga minyak goreng di Jakarta masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp14.000 per liter. Berdasarkan data Infopangan Jakarta hari ini, minyak goreng curah dibanderol Rp16.271.

“Berbeda terjadi di Jakarta, di mana harga masih relative lebih tinggi dibandingkan dengan HET,” kata Menko Luhut dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (7/6).

Hal tersebut terjadi karena rasio barang yang diterima hingga tingkat pengecer menurun drastis.

“Hal ini mengindikasikan adanya barang yang ditimbun atau didistribusikan di luar wilayah target titik distribusi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

Kasus lainnya, Luhut menyampaikan terjadi di Jawa Barat, di mana bila melihat data, terkesan tidak terdapat masalah dari sisi distribusi namun harga di lapangan masih relatif tinggi.

“Kami menemukan bahwa terdapat indikasi praktik monopoli. Meski barang telah didistribusikan hingga ke pengecer, perusahaan-perusahaan yang ada di distributor 2 dimiliki oleh satu orang saja,” ungkapnya.

Diakhir, pemerintah berharap agar masyarakat tidak perlu khawatir di tengah masa transisi yang sedang berlangsung ini.

Berbagai masalah kecil yang akan terjadi dilapangan adalah pembelajaran dan akan segera dicarikan perbaikannya demi menjamin ketersediaan minyak dan harga yang wajar bagi masyarakat.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Duh! Ini Deretan Saham Emiten Big Caps yang Banyak Dilego Asing

Sejumlah saham emiten big caps terpantau dilego oleh investor asing selama sepekan terakhir perdagangan, di mana saat itu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami koreksi tipis.

IHSG Diramal Lanjut Melemah di Pekan Besok

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan pelemahan pada perdagangan Senin (30/9) pekan depan, setelah akhir pekan lalu turun 0,6 persen ke 7.696.

ESDM Jelaskan Rencana Prabowo Alihkan Subsidi Energi Jadi Bantuan Tunai

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelaskan ihwal rencana Presiden terpilih Prabowo Subianto yang ingin mengubah skema subsidi energi, seperti BBM hingga listrik dalam bentuk bantuan langsung tunai.

Ini Deretan Saham yang Paling Banyak Kasih Cuan Selama Sepekan

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat terdapat 10 saham yang mengalami penguatan besar pada perdagangan pekan ini, yang berakhir pada 27 September 2024.