JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sebanyak 2.000 siswa dari tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA) di 35 sekolah yang ada di Kota Malang berbondong-bondong datang ke alun-alun Kota Malang.

Dalam aksinya, para pelajar yang mengenakan seragam putih abu-abu serta mengenakan shall merah putih di leher ingin merayakan Hari Lahir Pancasila yang tiba pada tanggal 1 Juni tersebut.

Saat berada di lokasi, para pelajar membacakan Pancasila secara bersama-sama, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Garuda Pancasila.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Ketua Forum OSIS Malang, Amare Amodia Laksita Setiadi mengatakan, penggunaan alun-alun tersebut karena dianggap sebagai landmark Kota Malang.

“Kami melaksanakan di are aini karena ini merupakan landmark Kota Malang, dan agar bisa dilihat Bapak Walikota Malang,” kata Amare, Rabu (1/6).

siswa SMA di Kota Malang
Para siswa SMA di Kota Malang melakukan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di alun-alun Kota Malang.

Selain itu, salah satu siswi dari SMAN 3 Kota Malang, Adelia Lutfianda mengatakan bahwa dirinya sangat bangga bisa ikut terlibat di dalam acara tersebut. Ia merasa bahwa kegiatan semacam itu sangat positif dan bisa mendorong rasaa nasionalisme di kalangan generasi bangsa Indonesia secara luas.

“Menurut saya, peringatan Hari Lahir Pancasila seperti ini bisa meningkatkan rasa kebangsaan kita. Saat memyanyikan lagu Indonesia Raya, Garuda Pancasila, teman-teman semangat mengikuti dan meningkatkan semangat NKRI harga mati,” jelas Adelia Lutfianda, siswa SMAN 3 Kota Malang.