JAKARTA, HOLOPIS.COM – Putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz masih belum ditemukan di hari ke 6 pencarian. Keluarga diketahui telah berkonsultasi untuk pelaksanaan salat gaib dari lelaki yang akrab disapa Eril ini. Hal tersebut disampaikan kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman.

Salat gaib, menurutnya, baru akan diputuskan usai pencarian hari keenam. Artinya, hari ini, Rabu (1/6), waktu Swiss, akan menjadi batas untuk memutuskan salat gaib bagi Eril.

“Dari pihak keluarga sudah berkonsultasi dengan beberapa ulama, seperti Ketua MUI KH Rachmat Syafei dan Ustad Adi Hidayat agar kami dapat mengetahui apa yang seharusnya dilakukan sesuai dengan syariat Islam terhadap apapun yang menjadi takdirnya Eril,” tuturnya.

Salat gaib sendiri adalah ibadah yang biasa dilakukan umat Islam untuk jenazah, tanpa ada mayat di hadapannya. Sama seperti salat jenazah, salat gaib bertujuan mendoakan mayit agar mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Syarat sah salat gaib selain syarat-syarat pada umumnya, setidaknya terangkum dalam dua hal. Pertama, jenazah berada di luar daerah yang jauh dari jangkauan, atau di tempat yang dekat namun sulit dijangkau.