Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Was-was, Harga Energi dan Pangan Melonjak Ekstrem

Sri Mulyani Was-was, Harga Energi dan Pangan Melonjak Ekstrem

JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati nampaknya mulai was-was dengan adanya tren kenaikan ekstrem pada harga energi dan pangan, akibat perang antara Rusia dan Ukraina yang terus berlanjut.

Menurutnya, lonjakan ekstrem harga energi dan pangan saat ini menjadi hal penting yang perlu diwaspadai, termasuk dampaknya bagi negara-negara di dunia, termasuk Indonesia.

“Harus kita antisipasi termasuk risiko yang berlangsung, yaitu konflik Rusia dan Ukraina yang telah menyebabkan disrupsi sistem suplai dan sanksi ekonomi yang menyebabkan harga komoditas terutama energi dan pangan melonjak ekstrem,” jelas Sri Mulyani dalam acara TalkShow Neraca Komoditas, Senin (30/5).

Selain itu, persoalan lain yang perlu diwaspadai adalah perlambatan ekonomi di China akibat adanya lockdown alias penguncian wilayah sebagai salah satu dampak kebijakan zero Covid-19. Adapun salah satu wilayah atau kota yang terkena lockdown adalah Shanghai, yang merupakan merupakan pusat dari perdagangan China dan dunia.

“Lockdown atau pembatasan kegiatan yang sangat berdampak pada ekonomi RRC dan tentu akan berdampak pada perekonomian dunia, karena jumlah dan juga size dari perekonomian yang sangat besar,” ujarnya.

Tak hanya itu, hal lain yang perlu diwaspadai adalah adanya pengetatan moneter di banyak negara. Hal ini menurutnya perlu diwaspadai karena akan turut berimbas pada pasar keuangan.

“Pengetatan kebijakan moneter artinya interest rate atau suku bunga akan naik dan likuiditas juga akan menjadi lebih ketat hal ini perlu untuk kita waspadai dalam implikasinya terhadap momentum pemulihan ekonomi global di sisi lain,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.