BerandaNewsRagamRESEP : Bikin Roti Baguette Ala Prancis Sendiri di Rumah? Siapa Takut!

RESEP : Bikin Roti Baguette Ala Prancis Sendiri di Rumah? Siapa Takut!

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Roti khas Prancis yang dikenal keras dan berbentuk panjang ini paling nikmat jika dipanggang dengan butter, teman makan sup atau pasta.

Roti Baguette ini juga enak menjadi teman minum teh atau kopi di sore hari. Tinggal dicelup, tekstur keras roti langsung menjadi lembut.

Tapi tidak jarang juga orang suka makan roti baguette tanpa ditemani apapun. Meskipun terlihat sulit, ternyata untuk mencoba membuatnya tidak selalu sulit loh, Sobat Holopis.

Bahan:

Penerbit Iklan Google Adsense
  • 1 bungkus ragi kering
  • 300 ml air hangat
  • 410 gram tepung terigu protein tinggi (untuk roti)
  • 1 sdt garam
  • cooking spray
  • 1 sdt tepung jagung

Cara Membuat:

Campur ragi dan air hangat ke dalam mangkun, lalu biarkan selama 5 menit. masukkan 2 3/4 bagian tepung terigu ke campuran air ragi. Aduk perlahan hingga terbentuk adonan. Tutup adonan lalu biarkan selama 15 menit.

Siapkan meja bersih, taburi tepung agar tidak lengket, dan garam secara merata. Letakkan adonan di atas meja rata. Uleni hingga garam menempal merata dan adonan lembut serta elastis saat ditarik, lakukan terus selama 6 menit.

Menyayat adonan baguette
Menyayat adonan baguette

Tambahkan sisa tepung terigu satu sendok makan hingga habis. Siapkan mangkung yang telah dilumuri cooking spray agar tidak lengket. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk lalu ditutup. Biarkan selama 40 menit hingga mengembang jauh lebih besar hingga dua kali lipat. Setelah itu, pukul pukul adonan dan tutup kembali untuk mengembang selama menit.

Kemudian bagi adonan menjadi dua. ambil satu adonan dan gulung seperti kain tebal sepanjang 3 CM, runcingkan sedikit ujung adonan.

Lakukan proses yang sama di adonan lainnya. Taburi tepung jagung di atas loyang, letakkan adonan roti baguette tadi di atasnya dan biarkan lagi mengembang selama 20 menit.

Panaskan oven hingga suhu 232 derajat celsius. Sayat permukaan adonan sebanyak 3 kali. panggang adonan selama 20 menit pada suhu 232 derajat hingga bawahnya kecoklatan.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Perjalanan Akademis Firmanto Laksana: Dari Ketua Bidang PERADI hingga Guru Besar Kehormatan Unissula

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerja Sama DPN Peradi, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan Unissula, Semarang.

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14 Juli nanti.

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri golf di Indonesia.

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS