Rabu, 25 September 2024
Rabu, 25 September 2024
NewsEkobizOJK Catat Pembiayaan dari Pinjol Melonjak Rp38,6 Triliun

OJK Catat Pembiayaan dari Pinjol Melonjak Rp38,6 Triliun

JAKARTA, HOLOPIS.COMOtoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pembiayaan dari industri finansial berbasis teknologi (fintech) peer to peer (P2P) lending atau yang kerap disebut pinjol per April 2022 mencapai Rp38,6 trilun atau melonjak 87,7 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya atau year on year (yoy).

Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK, Anto Prabowo mengatakan, tingginya angka tersebut membuktikan perkembangan sektor keuangan yang tetap stabil terjaga dengan kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan yang terus meningkat.

“Peningkatan kinerja intermediasi tersebut terjadi di tengah perekonomian global yang masih menghadapi tekanan inflasi yang persisten tinggi, dan telah mendorong pengetatan kebijakan moneter yang lebih agresif oleh mayoritas bank sentral,” ujar Anto dalam keterangan tertulis, Kamis (26/5).

OJK juga mencatat industri jasa keuangan lainnya seperti asuransi mencatatkan perolehan premi asuransi sebesar Rp 21,8 triliun pada April 2022. JIka dirinci, asuransi jiwa menghimpun premi sebesar Rp 8,6 triliun, dan asuransi umum serta reasuransi sebesar Rp 13,2 triliun.

Sementara di sisi pasar modal, sebanyak 79 emiten mencatatkan jumlah penawaran umum dengan total nilai penghimpunan dana sebesar Rp 100,1 triliun. Dari jumlah penawaran umum tersebut, 23 diantaranya dilakukan oleh emiten baru.

“Dalam pipeline saat ini terdapat 105 emiten yang akan melakukan penawaran umum dengan total indikasi penawaran sebesar Rp 68,67 triliun,” ucapnya.

Kemudian di sektor industri perbankan, tercatat kredit mengalami pertumbuhan hingga 9,10 persen (yoy) atau 3,69 persen (ytd) yang berarti meningkat signifikan dari bulan Maret tumbuh 6,67 persen (yoy).

“Secara sektoral, kredit sektor pertambangan dan manufaktur mencatatkan kenaikan terbesar secara mtm masing-masing sebesar Rp 21,5 triliun dan Rp 20,8 triliun,” kata Anto.

OJK juga mencatat profil risiko lembaga jasa keuangan pada April 2022 masih relatif terjaga. Hal itu tercermin dari indikator permodalan yang meningkat, seperti rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan sebesar 24,32 persen. Kemudian indikator kesehatan perusahaan asuransi atau Risk-Based Capital asuransi jiwa dan asuransi umum juga masing-masing meningkat sebesar 506,22 persen dan 321,51 persen.

“Indikator itu jauh di atas ambang batas ketentuan sebesar 120 persen. Begitupun gearing ratio perusahaan pembiayaan sebesar 2,01 kali, jauh di bawah batas maksimum 10 kali,” ucapnya.

Ke depan, OJK berupaya memperkuat koordinasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan khususnya dalam mengantisipasi risiko tekanan inflasi global dan pengetatan kebijakan bank sentral dunia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Kemenkeu Kasih Sinyal Cukai Rokok Batal Naik Tahun Depan

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan sinyal terkait kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) alias cukai rokok yang rencananya dijadwalkan pada tahun 2025 mendatang batal diimplementasikan.

Digiplus Resmi Hadir di Karawang dengan Dua Gerai Baru

Digiplus, unit bisnis dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), kini hadir di Karawang dengan dua gerai di Karawang Central Plaza dan The Grand Outlet.

IHSG Selamat dari Zona Merah, Perdagangan Ditutup di Level 7.778

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil menguat pada penutupan perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024, setelah sempat berada di zona merah pada perdagangan Senin (23/4) kemarin.

Tak Lagi Berkilau, Harga Emas Antam Hari ini Turun Rp 12.000 Per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024.