JAKARTA, HOLOPIS.COM – Produk perawatan kulit nonorganik dapat mengekspos kulit Anda dari sejumlah gangguan endokrin akibat logam berat yang masuk ke tubuh Anda, seperti merkuri, emulsifier, paraben, dan propilen glikol.

Bahan-bahan ini dapat dengan mudah diserap oleh tubuh Anda dan menyebar ke seluruh tubuh. Dampaknya akan menyebabkan akumulasi pada tubuh dan kerusakan yang tidak terlihat.

Berbeda dengan produk organik yang tidak hanya membunuh racun, tetapi menawarkan berbagai manfaat kebutuhan kulit, seperti kandungan antioksidan yang dapat memberikan efek antipenuaan.

Bahan-bahan alami yang digunakan untuk perawatan kulit organik biasanya bahan-bahan seperti lidah buaya (aloe vera), apel, madu dan lain-lain. Di Amerika sendiri, untuk bisa mendapat sertifikasi USDA, bahan-bahan yang digunakan tersebut harus bebas dari pestisida sintetis, pupuk, dan zat nonorganik lainnya.

Berikut manfaat dan alasan kenapa skincare organik lebih efektif dan aman untuk kulit wajah:

1. Kaya akan Nutrisi untuk Kulit Wajah

Bahan alami yang digunakan, sudah pasti kaya akan nutrisi untuk mengatasi masalah kulit wajah. Contohnya buah anggur, delima, atau white tea adalah kandungan yang kaya akan antioksidan dan sangat baik untuk meningkatkan kolagen, sehingga kulit wajah lebih elastis dan awet muda.

Kandungan lainnya seperti kopi, teh hijau, ataupun shea butter, yang kaya akan vitamin E dan D akan memenuhi nutrisi untuk kulit wajah kamu dan membuat kulit wajah lebih sehat, demikian seperti dilansir dari laman Lamav.

2. Lebih Ramah Lingkungan

Tidak hanya baik untuk kulit wajah, produk skincare organik juga lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya yang bisa berdampak buruk pada lingkungan, seperti menyebabkan polusi udara, tanah, ataupun air.

3. Tidak Mengandung Bahan Kimia yang Berbahaya

Salah satu bahan kimia seperti merkuri yang kita sering dengar, jika digunakan dalam jangka panjang tanpa disadari bisa memberikan dampak buruk, tidak hanya pada kulit tetapi juga kesehatan. Ada beberapa produk yang masih menggunakan merkuri sebagai bahan skincare untuk mencerahkan kulit wajah.

Ahli kimia kosmetik Ginger King menjelaskan, merkuri adalah bahan efektif untuk mencerahkan dengan hasil yang sangat cepat, tetapi bahan ini merupakan racun yang dapat merusak kulit dan organ tubuh lainnya.

4. Produk Organik Aman untuk Kulit Wajah

Karena tidak menggunakan bahan kima yang berbahaya dan 100% dibuat dengan bahan alami, produk kecantikan berbahan organik lebih aman digunakan untuk segala jenis kulit wajah, apalagi tipe kulit wajah yang sensitif.

Dilansir dari laman Simply Naturale, bahan-bahan alami yang biasa digunakan seperti ekstrak lavender, tea tree oil, shea butter, atau lainnya tidak membuat wajah mudah iritasi dan relatif aman.