JAKARTA, HOLOPIS.COM – Usai sukses meraih medali emas di SEA Games 2021, Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) kabarnya langsung memfokuskan timnas basket ke kompetisi level Asia yaitu FIBA Asia Cup.

Menurut Antara News Senin (23/5), Nirmala Dewi selaku Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Perbasi mengatakan bahwa timnas basket tengah mengusung misi masuk ke delapan besar basket putra Asia untuk dapat berkiprah di kejuaraan bola basket dunia atau FIBA World Cup.

Nirmala Dewi juga turut mengungkapkan bahwa turnamen FIBA Asia Cup mendatang dijadikan sebagai target utama di tahun ini oleh PP Perbasi, sedangkan perhelatan SEA Games merupakan target antara untuk ajang uji coba menjelang kompetisi tertinggi se-Asia tersebut.

Lanjut keterangannya, Nirmala mengatakan skuad timnas basket Indonesia saat ini dibangun PP Perbasi semenjak ditunjuk sebagai tuan rumah FIBA World Cup 2023 pada dua tahun silam.

Untuk masuk ke ajang skala dunia tentu tidak mudah. Sadar akan hal itu, Perbasi mengalihkan pandangannya ke FIBA Asia Cup.

“Walau demikian, kami tak berani bidik emas FIBA Asia Cup karena di sana ada China dan negara-negara kuat lain di basket. Tapi untuk delapan besar, bisa dikatakan cukup realistis,” ujarnya.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa timnas basket putra Indonesia terlihat sangat mendominasi seluruh pertandingan yang ada ketika bermain di SEA Games 2021.

Skuad yang dimiliki tim garuda saat ini dinilai lebih baik dari sebelumnya. Kolaborasi pemain senior dan muda yang memiliki talenta luar biasa menjadikan timnas basket Indonesia terdepan untuk level Asia Tenggara saat ini.

Pemain-pemain seperti Andakara, Juan Kokodiputra, Hardianus Lakudu hingga pematin naturalisasi seperti Brandon Jawato, Diagne Dame, Tarrel Bolden Marques dan lain sebagainya menjadi modal yang sangat penting untuk menatap FIBA Asia Cup mendatang.

Hal itu telah terbukti, di mana Indonesia sukses meraih medali emas SEA Games 2021 usai menaklukan raja basket Asia Tenggara sebelumnya yakni Filipina. Tak hanya itu, kemenangan tersebut juga dengan fantastis mampu mematahkan rekor kemenangan Filipina atas tim merah puth di setiap pertemuannya.

Sebagai informasi tambahan, Indonesia didapuk sebagai tuan rumah kompetisi paling bergengsi se-Asia yakni FIBA Asia Cup, turnamen tersebut rencananya akan digelar pada 12-24 Juli 2022 mendatang.