JAKARTA, HOLOPIS.COM Pembalap Formula E dijadwalkan tiba di Indonesia, pada tanggal 28 – 29 Mei 2022. Namun setelah tiba, mereka tidak langsung melakukan uji coba lintasan di Jakarta International E-Prix Circuit atau JIEC Ancol, Jakarta Utara.

Diungkap Ketua Panitia Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni, para pembalap akan langsung ikut balapan pada 4 Juni 2022. Hal tersebut dikarenakan, pembalap Formula E sudah berlatih menggunakan simulator di tempat latihannya masing-masing.

“Mereka nggak tes lintasan, mereka langsung main. mereka sudah main di simulator. Nah pembalap-pembalap Formula E dehgan Formula 1 itu bedanya,” kata Sahroni.

“Formula E itu karna city circuit, mereka kan sirkuitnya semua rata-rata baru, jadi mereka mainnya di simulator. Beda dengan F1, F1 itu kan semua negara sirkuit yang existingnya sudah ada,” sambungnya.

nantinya akan ada sesi foto dua hari sebelum balapan. Mereka juga akan melakukan konvoi keliling kawasan Monas.

“Tanggal 2 Juni kita ada kegiatan untuk foto session dan muter sedikit di dalam Monas beserta pembalap,” jelasnya.

Sedangkan, untuk mobil balap yang akan digunakan sudah mulai berdatangan pada Minggu (22/5). Total ada 22 mobil dari 11 tim yang dikirim.

Mobil yang sudah datang selanjutnya akan diperiksa. Selanjutnya, mobil baru akan dibuka di Jakarta International E-Prix Circuit Ancol, Jakarta Utara pada 27 Juni mendatang.

“Ini untuk ditaro, dicek lebih lanjut oleh custom. Habis itu setelah masuk semua baru kita unboxing sekitar tanggal 27 (Mei) di Ancol,” jelasnya.

Kendati demikian, mobil tidak datang secara utuh saat dikirim. Pengiriman dilakukan secara sepotong-potong dalam bentuk spare part.

Nantinya ketika sudah menjelang balapan, mobil kan dirakit oleh masing-masing tim.

“Ini bukan utuh, jadi dibelah bodynya sendiri, ban sendiri, karena kalau penuh itu pasti penuh, susah, jadi dibelah-belah,” pungkasnya.