Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Menpora Klaim Keberhasilan Indonesia di SEA Games Vietnam Berkat DBON

JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali merasa bersyukur atas keberhasilan Indonesia di ajang SEA Games 2021 Vietnam.

Menpora Amali mengklaim, keberhasilan Indonesia masuk tiga besar di SEA Games Vietnam berkat kerja keras semua pihak, serta berkat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), yang menurutnya sudah berjalan di trek yang benar.

Sebagai informasi, DBON merupakan salah satu program andalan Kemenpora di era Zainudin Amali. Salah satu pengaplikasiannya adalah di SEA Games Vietnam ini, di mana Kemenpora memangkas jumlah atlet dan cabor yang diikuti.

“Dibandingkan SEA Games Filipina sebelumnya, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi alhamdulilah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar,” ujar Menpora Amali seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora RI, Senin (23/5).

Kendati demikian, Menpora Amali menilai pencapaian tersebut belum ada apa-apanya, mengingat akan ada tantangan yang lebih berat menanti ke depan.

Untuk itu, ia menegaskan, bahwa pihaknya akan melakukan perubahan paradigma olahraga. Salah satunya yakni memperketat sistem mengenai keberangkatan atlet, sesuai dengan program DBON pada ajang-ajang olahraga selanjutnya.

“Hasil ini menurut saya belum berhasil, karena tantangan kita ke depan jauh lebih berat. Target utama kita adalah Olimpiade, untuk menuju ke sana kita harus mulai dari sekarang perubahan paradigma olahraga Indonesia,” ujar Menpora.

Lebih lanjut, Politisi Partai Goloar itu meyakini, jika perubahan paradigma baru olahraga konsisten dijalankan dengan baik. Maka target menuju Indonesia Emas tahun 2045 dan masuk 5 besar dunia tidak hanya mimpi belaka.

“Saya yakin kita bisa menembus 5 besar dunia, jika kita konsisten dengan perubahan paradigma baru olahraga,” yakin Menpora.

Sekadar informasi, Indonesia berhasil bertengger di peringkat ketiga ajang SEA Games 2021 Vietnam, dengan perolehan medali 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu, dengan total 242 medali.

Sementara peringkat pertama masih menjadi milik tuan rumah dengan perolehan 206 medali emas, 123 perak dan 111 perunggu dengan total 439 medali.
Sementara peringkat dua dipegang oleh Thailand dengan 92 emas, 101 perak, 134 perunggu dengan 326 medali.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menpora Janji Evaluasi PON XXI Aceh-Sumut 2024

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo meminta maaf atas kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Menpora Dito pun berjanji akan mengevaluasi hal tersebut agar ke depannya lebih baik lagi.

Persib vs Persija : Carlos Pena Ngarep Hasil Terbaik

Duel super big match Persib vs Persija akan tersaji di hari terakhir pekan ke-6 Liga 1 musim 2024/2025. Pelatih Carlos Pena pun berharap bahwa timnya bisa meraih hasil yang terbaik pada laga tersebut.

China Open 2024 : Dejan/Gloria Kandas di Semifinal

Pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja harus angkat koper dari China Open 2024, usai gagal meraih kemenangan di babak semifinal.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru