JAKARTA, HOLOPIS.COM Imbas harga bensin yang sangat mahal, penjualan kendaraan di Eropa khususnya mobil alami penurunan. Namun sebaliknya, penjualan motor justru menguat.

Seperti di Inggris, yang mencatatkan kenaikan sebanyak 4,2 persen di bulan April. Jika dibadingkan dengan total penjualan year-to-date bulan yang sama tahun lalu, menunjukkan peningkatan 32,4 persen.

Seperti dilansir dari MCN, Minggu (22/5), motor komuter sub-125cc ke bawah paling populer, dengan penjualan lebih dari 16 ribu unit sepanjang tahun. Honda PCX125, yang selalu populer sejauh ini dan jadi penjual terbesar.

Hal tersebut dikarenakan, faktor banyaknya orang yang mulai beralih dari mobil dan transportasi umum.

Sementara itu, motor dengan mesin 126-650cc kelas menengah naik 39 persen dari tahun ke tahun. Motor terlaris di kelas tersebut, yakni Royal Enfield Meteor 350.

Untuk kelas atas 1000cc meningkat sebesar 37 persen, dengan motor terlaris Suzuki GSX-S1000GT.

Penjualan sepeda listrik juga booming, dengan penjualan naik 68 persen selama 2021. Dengan komuter sub-11kW seperti NQI GTS NIU terbukti menjadi yang paling populer. Penjualan sepeda listrik sekarang mewakili sekitar 6 persen dari total pasar kendaraan roda dua bertenaga.

CEO Asosiasi Industri Sepeda Motor, Tony Campbell senang melihat kondisi pasar otomotif tersebut.

“Sangat menyenangkan melihat pasar yang apung untuk sektor ini secara keseluruhan.” katanya.

“Kami mengalami pertumbuhan yang sangat baik di seluruh papan yang mencakup sepeda motor berkapasitas lebih besar yang sebagian besar digunakan untuk rekreasi dan olahraga.” imbuhnya.