JAKARTA, HOLOPIS.COM – WhatsApp Cloud API dirilis META, yang bisa digunakan sebagai chat bot layaknya layanan customer service. Teknologi tersebut dikembangkan untuk platform WhatsApp bisnis.

Fitur baru Whatsapp ini akan memudahkan perusahaan komersial untuk memberikan pelayanan kepada konsumen melalui pesan singkat.

“Hari ini, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kami membuka WhatsApp untuk bisnis apa pun dengan ukuran berapa pun di seluruh dunia melalui WhatsApp Cloud API,” kata Mark Zuckerberg dalam keterangannya, (20/5).

Ini merupakan aplikasi yang terpisah dari WhatsApp Bisnis, yang digunakan secara gratis. Untuk bisa menggunakan WhatsApp Cloud API, Pengguna akan dikenakan biaya alias berbayar dengan tujuan mendapatkan target lebih besar dan mencakup banyak perusahaan.

Dijelaskan Zuckerberg, teknologi ini mampu membuat para pelaku bisnis mudah dalam merespons pertanyaan konsumen.

Adapun fitur spesial yang disediakan oleh WhatsApp Cloud API adalah chat bot. Fitur chat bot ini dapat disesuaikan dengan jenis layanan perusahaan.

Berkaitan dengan keamanan, Zuckerberg mengklaim bahwa WhatsApp Cloud API dilengkapi enkripsi. Karena itu, ia menjamin teknologi ini aman bagi pengguna maupun pelaku usaha.

“Kami semakin melihat bahwa orang-orang juga menginginkan kemudahan komunikasi yang sama dengan bisnis,” tambahnya.

Menurutnya, komunikasi antara konsumen dengan pelaku usaha harus diperbaiki demi memudahkan proses transaksi. WhatsApp juga telah melakukan survei yang melibatkan masyarakat Indonesia.

Hasilnya, sebanyak 86 persen masyarakat Indonesia mengaku mengirimkan pesan kepada perusahaan merupakan cara yang paling disukai. Selain karena praktis dan cepat mendapat informasi, pelanggan tidak harus kesusahan mendatangi perusahaan untuk mendapatkan informasi.

WhatsApp Cloud API dipercaya menjadi solusi atas kesulitan komunikasi antara pelaku bisnis dan pengguna. Zuckerberg mengatakan, layanan perusahaan umumnya hanya menerima pesan melalui telepon maupun email saja.