Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Alasan Cuaca, Pimpinan DPR Minta Penggunaan Kardus Untuk Kotak Suara Dikaji

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pimpinan DPR RI mempertanyakan faktor keamanan penggunaan kotak suara berbahan kardus dalam penyelenggaran pemilu 2024.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengemukakan, faktor cuaca menjadi pertimbangan utama mengenai penggunaan kardus sebagai kotak suara untuk dikaji terlebih dahulu.

“Kami akan meminta komisi teknis dalam hal ini Komisi II untuk mengkaji,” kata Dasco, Minggu (22/5).

Dia mempertanyakan daya tahan kotak suara di tengah cuaca hujan. Terlebih pada bulan Februari 2024 nanti biasanya masuk ke dalam musim penghujan.

“Apakah kemudian dari segi keamanan itu memenuhi syarat keamanan, mengingat bulan Februari (saat Pemilu digelar) masih dalam masa hujan,” ungkapnya.

Dasco menegaskan, jika hasil engkajian dapat memastikan keamanan kertas suara, pihaknya mempersilakan kotak kardus tetap dipakai. Jika tidak, maka mesti dipikirkan material pengganti.

“Apabila kemudian bahan karton (kardus) tersebut dirasakan aman saya pikir silahkan saja, tapi perlu kita kaji,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari memastikan pihaknya masih menggunakan suara kardus di Pemilu 2024. Dia menilai penggunaan kotak kardus lebih efisien dibanding yang berbahan alumunium.

“Masih digunakan, saya pastikan masih digunakan. Cara berpikirnya begini, kalau yang alumunium, itu hitungannya aset negara,” kata Hasyim, Rabu (18/5).

Hasyim menjelaskan, anggaran KPU untuk menyewa gudang penyimpanan kotak suara tidak selalu ada. Jika ada, KPU akan memberikan secara rata nilai anggaran ke setiap daerah. “Maksudnya di semua kabupaten/kota. Gudangnya di kabupaten/kota. Misalkan anggarannya Rp100 juta, ya Rp100 juta semua,” ujarnya

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Dituntut Cobot Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Serdadu Muda Nusantara (Sedara) melakukan aksi...

APBMI Pastikan Bisnis Batu Bara Tan Paulin Tak Ada Campur Tangan Rita Widyasari

Pengusaha batubara Tan Paulin disebut menjalankan bisnis batu bara secara profesional.

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia

Dalam operasi yang dilakukan sepanjang bulan Agustus, BNN berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang menyusupkan barang haram tersebut melalui Aceh untuk kemudian diedarkan ke Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru