Biden Langung Pergi ke Samsung Saat Sampai di Korsel, Ngapain ya?

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden sampai di Korea Selatan pada hari Jum’at (20/5). Kunjungan itu dilakukan dalam rangka usaha AS dalam menangkal pengaruh China di Asia.

“Kerja sama Amerika Serikat dengan Korea Selatan serta Jepang akan menguat dalam menghadapi provokasi lebih lanjut oleh Korea Utara,” kata Penasihat Keamanan Joe Biden, Jake Sullivan, melansir Reuters, Jumat (20/5).

Sullivan mengatakan, Amerika Serikat telah siap menghadapi kemungkinan tersebut.

Amerika Serikat telah menyampaikan kepada China dan sekutu bahwa provokasi demikian selama kunjungan Amerika Serikat akan menyebabkan penyesuaian pada cara militer mereka di kawasan.

Sementara itu, Wakil Ketua Samsung Electronics, Jay Y Lee, dibebaskan dari menghadiri sidang pengadilan penipuan akuntansi karena ia akan menjadi tuan rumah tur presiden Amerika Serikat.

‘Melawan kehadiran China’ di kawasan itu adalah tema utama Biden dalam kunjungannya di Korea Selatan.

Meski demikian, Korea Selatan kemungkinan akan tetap berhati-hati dengan topik tersebut, mengingat Beijing saat ini adalah mitra dagang utama Seoul.

Korea Selatan diharapkan menjadi salah satu anggota perdana Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF) Biden, yang akan diumumkan selama perjalanan untuk menetapkan standar tenaga kerja, lingkungan, dan rantai pasokan.

Exit mobile version