JAKARTA, HOLOPIS.COMKapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, bahwa setidaknya ada 5.750 personel gabungan telah disiagakan untuk pengamanan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) hari ini.

Seluruh jumlah personel gabungan itu diplot menjadi 2 bagian, yakni untuk pengamanan di DPR RI dan di kawasan Patung Arjuna Wiwaha.

“Saat ini personel yang kita turunkan sebanyak 5.750 personel, kita bagi di dua titik untuk mengantisipasi,” kata Kombes Pol Komarudin kepada wartawan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (21/5).

Kemudian, Kapolres baru ini pun meminta kepada para massa aksi yang melakukan kegiatan penyampaian pendapat di muka itu itu agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban sesuai yang diatur oleh Undang-Undang.

Dia melanjutkan hal itu agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat umum dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Hari ini teragendakan memang ada beberapa elemen juga yang menyampaikan pendapat di muka umum, jadi ya silakan saja karena itu memang merupakan hak setiap warga negara yang diatur oleh undang-undang, namun tentunya kita harus patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Di samping itu, mantan Kapolres Metro Tangerang Kota itu juga menyebut pihaknya sudah menyiapkan kantong-kantong parkir untuk para pendemo agar pelaksanaannya lancar.

“Silakan kita telah siapkan kantong kantong parkir, kita telah siapkan lokasi dimana nanti disiapkan tempat lokasi penyampaian pendapat tentunya dengan berbagai pertimbangan dengan berbagai konsep sehingga seluruh rangkaian kegiatan bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Saat berita ini diturunkan, massa dari GEBRAK masih melakukan long march dari depan kantor ILO Jakarta menuju kawasan Patung Kuda Indosat atau Patung Arjuna Wiwaha.