JAKARTA, HOLOPIS.COMPara demonstran dari elemen masyarakat sipil, buruh, mahasiswa dan pelajar yang tergabung di dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) berencana untuk menggelar aksi 21 Mei 2022.

“GEBRAK akan menggelar aksi bersama ribuan massa buruh, mahasiswa, dan masyarakat sipil dalam peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Sabtu, 21 Mei 2022,” kata juru bicara GEBRAK, Nining Elitos dalam rilisnya yang diterima Holopis, Kamis (19/5).

Dalam aksinya itu, GEBRAK akan membawa 14 (empat belas) tuntutan untuk disuarakan di tengah-tengah kegiatan unjuk rasa itu.

Dan poin pentingnya adalah, mereka menilai bahwa pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Maruf Amin telah gagal dalam menjalankan tugasnya.

“Akan menyuarakan 14 tuntutan rakyat karena Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin gagal menyejahterakan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Berikut adalah 14 tuntutan yang akan dibawa GEBRAK ;

1. Hentikan Pembahasan UU Cipta kerja Inkonstitusional dan Hentikan Upaya Revisi UU Pembentukan Peraturan Perundang Undangan.

2. Hentikan Kriminalisasi Terhadap Gerakan Rakyat dan Tuntaskan Pelanggaran HAM.

3. Turunkan Harga (BBM, Minyak Goreng, PDAM, Listrik, Pupuk, PPN dan Tol).

4. Tangkap, Adili, Penjarakan, dan Miskinkan Seluruh Pelaku Koruptor.

5. Redistribusi Kekayaan Nasional (Berikan Jaminan Sosial atas Pendidikan, Kesehatan, Rumah, Fasilitas Publik, dan Penyediaan pangan Gratis Untuk Masyarakat).