Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kepuasan Publik Menurun, Jokowi Diprediksi Bakal Reshuffle Kabinet Dalam Waktu Dekat

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Hasil survei dari lembaga Charta Politika menunjukkan adanya penurunan kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dari hasil survei Charta Politika, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah mencapai 62,9 persen per April 2022. Angka itu lebih rendah ketimbang Februari 2022 yakni 65,3 persen.

Direktur Eksekutif Lanskap Politik Indonesia (LPI) Andi Yusran memprediksi dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle kabinet. Salah satu argumentasi politiknya adalah terkait dengan peta pertarungan pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Jokowi diyakini akan mengganti siapapun menteri yang secara politik tidak sejalan dengan dirinya.

Menurut Andi, Jokowi pasti memiliki desain atau skenario politik untuk memuluskan calon agar mampu merebut kursi kepemimpinan nasional menggantiakn dirinya.

“Artinya menteri-menteri yang diperkirakan tidak sejalan dengan desain Jokowi alias menjadi kompetitor atau pendukung kompetitor dari putra mahkota Jokowi yang akan diganti,” ujarnya, Jumat (20/5).

Andi menjelaskan bahwa posisi Prabowo Subianto dan menteri yang merupakan kader PDIP akan aman. Dasar pandangan Andi, sosok Megawati masih menjadi faktor penting bagi pemerintahan Jokowi.

Dalam pandangan Doktor Politik Universitas Padjajaran ini, justru yang posisinya akan goyang adalah menteri yang berasal dari Partai Nasdem.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...

Pilot Susi Air Bebas dari Jerat Teroris Papua

Satgas Cartenz akhirnya berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya.

Bos Pajak Bantah Ada Kebocoran Data NPWP dari Sistem DJP

Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Suryo Utomo membantah adanya indikasi kebocoran dara langsung dari sistem di Direktorat Jenderal Pajak atau DJP, utamanya perihal dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru