MALUKU, HOLOPIS.COM Bencana angin kencang meluluhlantakan puluhan rumah warga yang ada di Kecamatan Batabual, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengungkapkan, angin kencang tersebut terjadi bersamaan dengan tingginya intensitas hujan di kawasan tersebut.

“Terdapat 28 rumah rusak usai diterjang angin kencang di Kabupaten Buru. Kejadian ini berawal dari hujan deras mengguyur disertai angin,” kata Abdul, Jumat (20/5).

Bencana yang sudah terjadi sejak Rabu (18/5) tersebut membuat puluhan warga yang terdampak di Desa Namlea Ilath, Kecamatan Batabual harus mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman.

Angin kencang di Kabupaten Buru
Dampak kerusakan yang diakibatkan bencana angin kencang di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Gambar : BNPB/Holopis.

“Hal ini diakibatkan kerusakan yang terletak pada atap rumah. Hasil kaji cepat sementara mencatat, terdapat 13 unit rumah rusak sedang, 15 unit rumah rusak ringan dan 1 unit mesjid rusak ringan,” jelasnya.

Abdul menjelaskan, tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Buru, unsur TNI-Polri, Pemerintah Desa dan masyarakat melakukan koordinasi untuk mempercepat penanganan darurat dilokasi.

“Selain itu, tim gabungan dan masyarakat setempat bergotong royong untuk melakukan pemotongan atau pembersihan pohon-pohon tumbang yang menghalangi ruas jalan,” pungkasnya.