Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizSubsidi dan Kompensasi BBM Hingga Listrik Naik Rp 291 triliun

Subsidi dan Kompensasi BBM Hingga Listrik Naik Rp 291 triliun

JAKARTA, HOLOPIS.COM Meningkatnya harga minyak dunia memberi dampak negatif terhadap anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Belanja subsidi dan kompensasi bahan bakar minyak, LPG, serta listrik-pun turut melonjak.

“Subsidi dan kompensasi melonjak sangat tinggi dari Rp 152,5 triliun jadi Rp 443,6 triliun atau naik Rp 291 triliun,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR RI, Kamis (19/5).

Sri Mulyani mengungkapkan, subsidi energi bertambah Rp 74,9 triliun menjadi Rp 208,9 triliun dan kompensasi bertambah Rp 216,1 triliun menjadi Rp 234,6 triliun.

Masing-masing dari subsidi energi merupakan untuk BBM dan LPG sebesar Rp 149,4 triliun dan listrik Rp 59,6 triliun. Sementara kompensasi dialokasikan untuk BBM Rp 213,2 triliun yang terdiri dari Solar dan Pertalite, serta listrik Rp 21,4 triliun.

Kenaikan itu akibat melonjaknya harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) yang sebelumnya diasumsikan US$ 63 per barel, realisasinya kini sudah di atas US$ 100 per barel. Penambahan kompensasi dan subsidi di atas merupakan asumsi jika ICP US$ 100 per barel.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

AMMAN Resmikan Smelter Tembaga Perdana Terbesar di Indonesia, Murni Milik Pengusaha Lokal

Menteri ESDM (Energi, Sumber Daya Mineral) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa perusahaan PT Amman Minteral Internasional menjadi perusahaan yang berani membangun smelter hasil tambang tembaga di Indonesia.

Awal Pekan, Harga Emas di Pegadaian Kompak Mandek

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan awal pekan ini, Senin 23 September 2024.

Hati-Hati, IHSG Rawan Koreksi di Perdagangan Awal Pekan Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rawan terkoreksi pada perdagangan awal pekan ini, Senin (23/9), setelah IHSG mencatatkan kinerja buruk pada pekan lalu.

Wamentan Optimis Indonesia Mampu Susul Tiongkok Wujudkan Swasembada Pangan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono optimis, Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan seperti yang dilakukan oleh Tiongkok, yang saat ini memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 1 miliar jiwa.