Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kinerja Pemerintah Jokowi Merosot, Analis Politik: Reshuffle Kabinet Solusinya

JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Joko Widodo (Jokowi) disarankan untuk mengambil keputusan merombak atau reshuffle kabinet guna memperbaiki kinerja pemerintahannya yang terus merosot dalam enam bulan terakhir ini.

Berdasarkan temuan lembaga survei Indikator Politik Indonesia, kinerja Presiden Jokowi menurun dari 72 persen pada Desember 2021, menjadi 58,1 persen pada Mei 2022.

Menurut analis politik Jamiluddin Ritonga, penurunan kinerja pemerintah itu lantaran banyaknya kekecewaan yang dirasakan masyarakat, terutama dari kelas menengah ke bawah.

“Pelaku usaha mikro juga mengalami kesulitan karena tidak stabilnya harga kebutuhan bahan pokok. Hal itu membuat ketidakpastian dalam berusaha. Masyarakat juga merasakan menurunnya kebebasan berpendapat. Ada kehawatiran untuk menyatakan pendapat, termasuk di media sosial,” ujar Jamiludin, Selasa (17/5).

Melihat fakta itu, Jamiludin menyarankan, reshuffle kabinet dalah solusi tepat untuk memperbaiki kinerja pemerintah dan memulihkan kepercayaan publik. Reshuffle dapat dilakukan untuk bidang ekonomi dan politik.

“Untuk bidang ekonomi kabinet Jokowi perlu penyegaran agar dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

“Di bidang politik, diharapkan menteri baru dapat mengembalikan kebebasan berpendapat. Hal ini diperlukan karena menjadi salah satu indikator demokrasi,” sambung Jamiludin.

Dia berharap persepsi masyarakat terhadap pemerintah akan kembali meningkat seiring adanya perbaikan kinerja dari pemerintah atau melakukan perombakan struktur Kabinet Indonesia Maju.

“Melalui reshuffle kabinet, kepercayaan masyarakat terhadap Jokowi diharapkan akan membaik. Hanya dengan kepercayaan masyarakat, Jokowi dapat meningkatkan kinerja kabinetnya,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru