Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Koalisi Golkar-PAN-PPP Kemungkinan Disiapkan Rezim untuk Ganjar di Pilpres 2024

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Meski koalisi “Bersatu” yang dideklarasikan tiga Ketua Umum Partai Golkar, PPP dan PAN diperkirakan prematur, tetap saja pembentukannya sudah terlihat memiliki motif politik khusus.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Lanskap Politik Indonesia (LPI), Andi Yusran. Ia menilai bahwa ada tiga kemungkinan dibentuknya koalisi segitiga Golkar, PPP dan PAN itu.

“Pertama, pembentukan koalisi sekadar menjadi penyokong kandidat Capres lain dari luar koalisi,” tutur Andi Yusran, Selasa (17/5).

Apabila hal itu benar terjadi, Andi menengarai bahwa koalisi ini hanya bertujuan mengamankan jatah menteri nantinya.

“Faktor kedua, koalisi ini by design oleh partai berkuasa sekadar untuk memperkecil kemunculan kandidat kompetitor. Targetnya, akan terwujud dua pasangan yang nantinya akan berhadapan head-to-head,” ujar Andi Yusran.

“Jika proposisi ini presisi dan positif maka bisa jadi koalisi segi tiga ini dibentuk untuk menghadang kemunculan Ganjar sebagai Capres,” sambung Doktor Ilmu Politik Universitas Padjajaran ini.

Andi menambahkan, kemungkinan yang ketiga koalisi memang disiapkan oleh rezim berkuasa sebagai kendaraan politik Ganjar menuju kontestasi Pilpres 2024.

“Koalisi dipersiapkan untuk mendukung Ganjar masuk bertarung dalam Pilpres 2024, king maker-nya bisa jadi Jokowi dan Luhut,” pungkas Andi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Dituntut Cobot Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Serdadu Muda Nusantara (Sedara) melakukan aksi...

APBMI Pastikan Bisnis Batu Bara Tan Paulin Tak Ada Campur Tangan Rita Widyasari

Pengusaha batubara Tan Paulin disebut menjalankan bisnis batu bara secara profesional.

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia

Dalam operasi yang dilakukan sepanjang bulan Agustus, BNN berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang menyusupkan barang haram tersebut melalui Aceh untuk kemudian diedarkan ke Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru