Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

HUT Perpusnas 2022 : Transformasi Perpustakaan Wujudkan Ekosistem Digital Nasional

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Hari ini tanggal 17 Mei 2022 adalah hari ulang tahun perpustakaan nasional atau Perpusnas yang ke-42 tahun. Perayaan ini untuk mengingat kembali saat peprustakaan nasional didirikan pada tanggal 17 Mei 1980.

HUT Perpusnas tahun ini memiliki tema ‘Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional.’

Tak hanya sekedar mengingat pembangunan perpusnas, HUT ini juga bertujuan untuk kembali mengingat misi dari perpusnas, yaitu mencerdaskan anak bangsa melalui telaah bacaan, membaca, dan mengunjungi perpustakaan.

“Ini adalah sebuah filososi yang harus kita pegang bersama-sama, untuk membentuk kepercayaan dan keyakinan kita betapa berharganya sebuah ilmu pengetahuan,” kata Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando (13/5).

Cikal bakal gedung Perpustakaan Nasional (1978)
Cikal bakal gedung Perpustakaan Nasional (1978) (Foto: perpusnas.go.id)

Seperti yang dilansir dari laman perpusnas.go.id, Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang bertanggung jawab pada akusisi dan pelestarian kopi dari semua terbitan signifikan yang diterbitkan di sebuah negara, dan berfungsi sebagai perpistakaan ‘deposit,’ baik berdasarkan undang-undang maupun kesepakatan lain dengan tidak memandang nama perpustakaan.

Perpustakaan Nasional
Perpustakaan Nasional

Pada tahun 2022, demi meningkatkan minat membaca dari generasi muda bangsa Indonesia, Menter Pendidikan saat itu, Abdul Malik Fadjar mengusulkan agar Hari Buku Nasional (Harbuknas) diperingati bersamaan dengan HUT Perpusnas.

Penetapan HUT Perpusnas pun memiliki tujuan untuk menumbuhkan budaya atau meningkatkan minat membaca serta menulis di masyarakat.

Selamat Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional!

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru