Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizBPS: Pelarangan Ekspor CPO Berdampak Pada Turunnya Ekspor Komoditas

BPS: Pelarangan Ekspor CPO Berdampak Pada Turunnya Ekspor Komoditas

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pelarangan ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) serta turunannya yang sudah diberlakukan pemerintah sejak 28 April 2022 hingga kini bisa berdampak pada kinerja ekspor Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengungkapkan, penurunan ekspor komoditas unggulan tersebut sudah terlihat secara jelas pada Mei 2022 yang datanya dirilis bulan depan.

“Tentu saja ini karena ekspor dilarang, kalau nggak dicabut (akan) berdampak pada kinerja ekspor kita. Tapi bagaimana (kinerja) neraca perdagangan dan berapa turunnya kita lihat di bulan depan,” kata Margo dalam konferensi pers, Selasa (17/5).

Secara bulanan (month to month/mtm) saja, ekspor CPO pada April 2022 sudah menurun baik dari sisi nilai maupun volume. BPS mencatat ekspor komoditas dengan kode HS 15 itu sebesar US$ 2,99 miliar atau turun 2,56%.

Dari sisi volume, ekspor CPO sudah turun 1,93 juta ton atau sebesar 10,49% (mtm). “Jadi kalau kita lihat ekspor pada April 2022 untuk CPO atau HS 15 baik nilai maupun volume, turun. Apakah itu berkaitan dengan kebijakan larangan ekspor, tapi yang jelas pada April ini ekspor menurun,” bebernya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melarang ekspor minyak goreng beserta bahan bakunya sejak 28 April 2022. Larangan itu berlaku sampai harga minyak goreng curah mencapai Rp 14.000/liter dan memenuhi kebutuhan pasokan dalam negeri.

Berdasarkan Permendag Nomor 22 Tahun 2022, jenis produk yang dilarang ekspor meliputi CPO; Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil; Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein; dan Used Cooking Oil.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.