Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Lima Orang Pendemo Kenaikan Harga Pangan di Iran Tewas

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Lima orang dikabarkan tewas dalam aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga pangan di Iran yang berlangsung hingga Minggu (15/5) waktu setempat.

Demonstrasi anti-pemerintah serempak terjadi di kota-kota Iran termasuk Dorud, Farsan, Jooneghan, Borujerd, Cholicheh, Dehdasht dan Ardebil. Beberapa aksi berujung kacau, banyak toko-toko dibakar.

Stasiun TV Internasional Iran mengutip posting media sosial Twitter yang belum dikonfirmasi, mengatakan bahwa sejak Jumat (13/5) sudah lima orang tewas selama aksi unjuk rasa berlangsung. Postingan berupa video itu memperlihatkan saat salah satu dari mereka ditembak.

Kematian pertama dilaporkan pada hari Jumat. Omid Soltan (21) dilaporkan ditembak mati oleh pasukan keamanan di kota barat Andimeshk. Puluhan orang telah ditangkap sejak itu.

Gelombang protes datang menyusul keputusan pemerintah untuk memotong subsidi impor pangan, sebagai bagian dari paket penghematan yang diungkapkan oleh Presiden Ebrahim Raisi awal pekan ini dengan maksud menyelamatkan ekonomi yang terpukul oleh sanksi, dan juga inflasi yang melonjak yang diperparah oleh konflik Ukraina.

Sebagai konsekuensi dari penghapusan subsidi tersebut adalah kenaikan drastis harga barang kebutuhan sehari-hari, seperti minyak goreng, ayam, telur, dan susu. Kenaikannya pun mencapai hingga 300 persen.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru