JAKARTA, HOLOPIS.COMKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memastikan, bahwa pihaknya akan memberikan fasilitas ruang demokrasi kepada masyarakat demi menyampaikan pendapat dan pikirannya di rumah publik.

“Kami akan terus kawal jaga agar ruang demokrasi bisa dimanfaatkan teman-teman buruh untuk sampaikan aspirasi demi kesejahteraan buruh,” kata Kapolri saat menyampaikan pidatonya di May Day Fiesta 2022 yang diselenggarakan Partai Buruh di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/5).

Pun demikian, Kapolri pun memberikan garis bawah penting, bahwa setiap demonstran yang hendak melakukan aksi unjuk rasa harus tetap mematuhi ketentuan perundang-undangan yang ada. Tidak boleh aksi justru melanggar aturan, apalagi sampai menimbulkan gangguan kepada masyarakat.

“Kami minta tetap dilakukan sesuai aturan Undang-Undang dan konstitusi,” tegasnya.

Bagi jenderal polisi bintang empat itu, demokrasi di Indonesia sudah sangat maju. Bahkan ruang-ruang publik banyak diisi oleh kegiatan yang lebih kondusif, humanis dan bermanfaat.

Oleh karena itu, mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri itu berharap besar agar kedewasaan bangsa Indonesia dalam berdemokrasi dapat diwujudkan dan dipertahankan dengan baik.

“Indonesia adalah negara demokrasi yang sudah modern. Mari kita tunjukkan dan buktikan terus,” pungkasnya.