JAKARTA, HOLOPIS.COMPresiden Partai Buruh, Said Iqbal menyatakan bahwa acra Mau Day Fiesta 2022 yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK) akan berjalan lancar, damai dan persuasif.

Tujuan Partai Buruh untuk Indonesia adalah baik dan tidak memunculkan kerusuhan, ini yang ia sering sebut sebagai non violence.

“Ini acara damai, persuasif, kami ingin menjadi solusi bagi negara ini dengan melawan dinasti politik, dinasti uang dan dinasti kekuasaan, serta cengkeraman oligarki,” kata Iqbal dalam konferensi persnya di GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/5).

Menurut Iqbal, ada dorongan yang besar mengapa May Day Fiesta 2022 ini digelar. Apalagi acara sudah digaungkan sejak tanggal 1 Mei 2022 hingga 14 Mei 2022.

Salah satunya adalah mendeklarasikan diri bahwa Partai Buruh adalah partai kelas.

“Kami partai identitas partai kelas. Tujuannya untuk membedakan kepentingan bukan konfrontasi. Dan target kita adalah welfare state, negara sejahtera,” ujarnya.

Tokoh buruh Indonesia yang juga menjadi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu menyatakan, perjuangan buruh adalah memastikan tidak boleh ada kaum miskin khususnya kaum buruh tidak boleh ada yang kelaparan.

“Kami boleh kaya, tapi gak boleh miskin, kami juga memperjuangkan redistribusi jaminan sosial minimal Rp500 ribu, caranya orang per orang masuk ke ATM seperti JKP dan tidak bisa diuangkan dan didistribusikan ke store khusus,” tuturnya.

Selain itu, Iqbal juga mencoba untuk mengupayakan agar pendidikan gratis, didistribusikan agar diimplementasikan dalam bentuk jaminan sosial alias education social security.

Kemudian, Iqbal juga ingin agar Partai Buruh bisa memperjuangkan jaminan perumahan bagi kaum buruh, memang tidak sampai perumahan kelas real estate, akan tetapi perumahan nasional dengan pembiayaan yang tidak lebih dari 30 persen dari upah.

“Bukan (perumahan) real estate tapi perumnas, pak Harto aja bisa kok masak kita gak bisa,” tandasnya.

Selain itu, perjuangan Partai Buruh adalah memastikan hadirnya jaminan air bersih, sayangnya sampai saat ini di Jakarta Utara saja, harga air bersih 1 liter lebih mahal dari harga minyak.

“Artinya jaminan air bersih saja belum terealisasikan. Kita mau ada tanggung jawab publik, kalau kita sedang susah kita dibiayai negara, dan kalau kita sehat kita biayai negara. Itulah titik may day hari ini,” tegasnya.

Bagi Iqbal, acara May Day Fiesta 2022 di GBK sudah menjadi pilihan terakhir. Karena sejak awal mereka ingin menggelar acara puncak Hari Buruh Internasional 2022 itu di Jakarta International Stadium (JIS). Kemudian karena tak kunjung ada respon dari pengelola akhirnya rencana digeser ke Istora Senayan. Dan lagi-lagi upaya mereka gagal.

“Kami sudah koordinasi 2 minggu lalu, berkat bantuan Setneg, Mabes Polri, Polda dan Satgas, akhirnya kami bisa gunakan GBK dengan syarat, dari 100 ribu kami kurang mendekati 50 ribu orang. Kita coba jaga jarak 1 bangku kosong, pakai masker, tes antigen, booster. Itu kesepakatan dari satgas,” terang Iqbal.

“JIS dan istora tidak jadi kita gunakan,” pungkasnya.