WASHINGTON, HOLOPIS.COM Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengundang sejumlah Kepala Negara di ASEAN, termasuk Presiden Jokowi dalam jamuan santap malam di Gedung Putih, Washington DC.

Dalam jamuan makan malam tersebut, Jokowi diberikan kesempatan untuk membalas toast yang diajukan oleh Joe Biden. Memanfaatkan momentum tersebut, Jokowi kemudian mengajak para pimpinan ASEAN yang hadir untuk satu suara mengenai kemitraan ASEAn dengan Amerika Serikat.

“Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini,” kata Jokowi dalam sambutannya, Kamis (13/5) waktu setempat.

Presiden Jokowi di Gedung Putih
Presiden Jokowi bersama Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat menghadiri jamuan malam di Gedung Putih, Washington. Gambar : Setpres.

Jokowi juga menegaskan, KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan dan menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif. Kemitraan Strategis Komprehensif merupakan status kemitraan yang paling tinggi.

“Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan,” ajaknya.

Dalam jamuan makan malam tersebut, Jokowi disambut langsung oleh Joe Biden saat tiba di Gedung Putih. Biden lalu kemudian mengajak Jokowi bersalaman, berfoto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.