Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Selepas Pandemi, LRT Jabodebek Mampu Angkut 100 Ribu Penumpang per Hari

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Direktur Prasarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Harno Trimadi mengatakan angkutan LRT Jabodebek mampu menampung sampai 100 ribu orang per hari selepas pandemi. Ia mengatakan LRT Jabodebek total memiliki 18 stasiun pemberangkatan.

Stasiun tersebut mulai dari Stasiun Jatimulya di Kabupaten Bekasi hingga Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Selatan.

“Kita melihat bahwa 2022 targetnya 100 ribu orang per hari, itu target yang cukup moderat,” ujarnya dalam webinar ‘Aksesibilitas & Integrasi Antar Moda Pada LRT Jabodebek’, Kamis (12/5).

Merujuk pada data sebelum pandemi, pergerakan penumpangnya baru akan membludak di jalur pertengahan, dimulai dari Stasiun Kampung Rambutan.

“Tidak semua di stasiun pertama besar. Kita lihat dari Cibubur, prediksinya hanya 18 ribu orang per hari. Jatimulya juga tidak besar,” kata Harno.

Jumlah penumpang yang diprediksi tinggi memang mulai di bagian tengah, yakni di Stasiun Kampung Rambutan ada 26 ribu penumpang. Sementara, di Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) 35 ribu orang.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengatakan proyek pembangunan LRT Jabodebek bakal segera rampung. Saat ini progresnya telah mencapai 81,75 persen.

“Adapun kemarin sempat ditemukan sejumlah masalah. Namun ini pembangunan sudah lebih dari 80 persen. Tepatnya 81, 75 persen dan sekarang sudah progres,” ujarnya.

Menurut Didiek keberadaan LRT Jabodebek memberikan banyak manfaat, mulai dari tersedianya alternatif moda transportasi massal yang lebih efisien dan modern hingga pemerataan ekonomi.

Ia mengatakan saat LRT Jabodebek beroperasi dapat menimbulkan potensi pengembangan wisata kawasan baru atau pun pertumbuhan ekonomi di sekitar stasiun.

LRT Jabodebek merupakan proyek transportasi massal, dengan depo yang dibangun di atas tanah seluas 100 ribu meter persegi terdiri dari beberapa area, antara lain stabling, light maintenance, heavy maintenance, OCC building, dan area lainnya.

Light maintenance memiliki 10 jalur yang digunakan untuk pemeriksaan dan perawatan ringan LRT Jabodebek, seperti perawatan harian dan perawatan bulanan setiap 1, 3, 6, dan 12 bulanan.

Sedangkan heavy maintenance memiliki 8 jalur yang digunakan untuk perawatan besar LRT Jabodebek dengan siklus perawatan tahunan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru