JAKARTA, HOLOPIS.COMInisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid memberikan respon terhadap adanya foto editan yang disebarkan oleh netizen berupa seorang pria mengenakan jaket Banser NU dengan foto Ragil Mahardika, gay yang kini menjadi buah bibir publik usai tampil di podcast Deddy Corbuzier.

Ia menilai, fitnah tersebut tidak akan mampu mendegradasi nama besar organisasi yang saat ini dipimpin oleh Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) itu.

“Banser Ansor itu yang membina para kiai, seiring keberadaan organ ini sangat merakyat dan melayani rakyat sepenuh hati. Ansor ini bahyak membantu negara menyelesaikan permasalahan sosial dan diselesaikan dengan baik dan sempurna,” kata Habib Syakur kepada Holopis, Kamis (12/5).

“Saya heran kenapa kok ada yang fitnah banser dengan foto-foto yang tidak bisa dipertanggungjawabnkan kebenarannya. Saya yakin (foto itu) bukan Ragil, karena Banser organ mulia dan dapat berkah dari para kiai NU,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ia lebih menyarankan agar Banser secara kelembagaan yang menjadi Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama agar membuat klarifikasi saja untuk menyanggah bahwa foto yang dipublikasikan netizen itu fitnah.

Ia harap, Banser NU tidak perlu mempersoalkan fitnah tersebut melalui jalur hukum, yang justru bakal menjadi perdebatan dan kegaduhan baru yang tidak perlu.

“Yang tebar foto itu wajib dikutuk secara keras dan kasar. Tapi Banser Ansor tidak perlu lapor ke polisi atas fitnah tersebut. Banser Ansor semakin difitnah makin dinaikkan derajatnya oleh Allah,” ujarnya.

https://twitter.com/RestyCaayah/status/1524116859955539969?s=20&t=VGgVdaV1hkLHVAJE6whKNQ

Kemudian, ia juga yakin bahwa mayoritas bangsa Indonesia, khususnya warga Nahdliyyin tidak akan percaya bahwa foto tersebut adalah Ragil Mahardika, melainkan sebuah rekayasa fotografi yang digunakan untuk menjatuhkan nama besar NU, khususnya Banser.

“Saya yakin semua warga Nahdliyyin yakin dan percaya kalau foto itu editan dan rekayasa dan itu fitnah. Saya yakin Banser Ansor termasuk gus Yaqut adalah orang yang dijaga oleh Allah dan selalu menerabkan Islam yang ramahatan lil alami,” pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, pemilik akun twitter Resty Cayah dengan username @RestyCaayah mengunggah tiga foto, pertama adalah seorang pria dengan jaket Banser namun wajahtanya adalah Ragil Mahardika pada hari Rabu (11/5). Kemudian foto Ragil bersama pasangan homoya, Frederik Vollert bersama Deddy Corbuzier, serta Ragil dengan baju GP Ansor sedang berswafoto dengan Ketum GP Ansor Gus Yaqut.

Ia berdalih, alasan dirinya mengunggah foto-foto tersebut adalah untuk memancing apakah Banser Ansor bereaksi atau tidak dengan foto tersebut.

“Emang itu yg gw mau . Gw pancing biar Banser bersikap atas LGBT. Klu mereka lapor artinya dia jg benci Bani Lobang Taik . Tp klu Gerombalan Banser gk jadi laporkan gw artinyya mereka bangga gw sandingkan dgn Bani Lobang Taik itu. Cc @DivHumas_Polri @Banser_CyberNU @YaqutCQoumas,” tulis Resty Cayah.

https://twitter.com/RestyCaayah/status/1524287786211155970?s=20&t=VGgVdaV1hkLHVAJE6whKNQ