JAKARTA. HOLOPIS.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan mengundang para pemimpin Asia Tenggara ke Washington pada minggu ini untuk membahas permasalahan Indo-Pasifik dan China.

Melansir CNA, Kamis (12/5), KTT ASEAN-AS ini juga akan membahas krisis yang terjadi di Myanmar, Taiwan, dan Ukraina.

“Kami percaya bahwa sangat penting untuk negara-negara lain secara terbuka maupun tertutup untuk menggarisbawahi apa yang terjadi di Ukraiana jangan sampai terjadi di Asia,” kata Koordinator Indo-Pasifik Joe Biden, Kurt Campbell.

Puncak pertemuan dari 10 pemimpin ASEAN, termasuk Indonesia, itu dimulai dengan makan malam bersama di Gedung Putih sebelum membahas isu di Departemen Negara Bagian.

Ini akan menjadi pertama kalinya para pemimpin ASEAN bertemu di Gedung Putih di era yang mirip seperti Perang Dingin. Presiden Obama adalah Presiden AS terakhir yang mengundang para pemimpin ASEAN di Sunnylands, California 2016.

Namun AS tidak mengikutsertakan Myanmar yang saat ini sedang tersandung permasalahan kudeta dan Filipina yang sedang menjalani transisi pemimpin baru setelah pilpres.

Para pemimpin ASEAN, didampingi oleh Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai, akan bertemu dengan para pemimpin bisnis AS pada hari Kamis (12/5).